Rukyatul Hilal Untuk Menentukan Awal Romadhon

Purworejo-Badan Hisab Rukyat Daerah Kab. Purworejo bekerja sama dengan Penyelenggara Syariah kantor kementerian Agama Kab. Purworejo menyelanggarakan kegiatan  melihat bulan atau rukyatul hilal untuk menentukan tanggal 1 Romadhon 1438 H pada Jum’at (26/5). Lokasi rukyatul hilal tahun ini terletak di Pantai Jatimalang Kec. Purwodadi. Selain lokasinya yang mudah dijangkau, di pantai ini sudah ada gardu pandang tiga lantai yang memudahkan pengamatan bulan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Purworejo, H. Bambang Sucipto hadir didampingi Penyelenggara syariah, H. Mujiono. Selain Ormas Islam dan Perwakilan Peguruan tinggi islam, turut pula Rombongan BHRD dari Kabupaten Kab. Magelang , BHRD Kota Magelang dan BHRD Kab. Temanggung.

Ditemui di lokasi rukyatul hilal,  Mujiono menyampaikan secara perhitungan astronomi bulan sudah berada 8 derajat dari titik ufuk, sehingga kemungkinan bulan bisa terlihat sangat besar kalau cuaca mendukung.

“Secara umum penyelenggaran rukyatul hilal berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala. Namun karena faktor cuaca hasil dari pengamatan bulan tidak terlihat karena mendung, sehingga bulan tetrutup awan hitam” kata mujiono

Kantor Kementerian Agama Kab. Purworejo telah memiliki perangkat lengkap untuk kegiatan rukyat hilal, diantaranya, teodolit, GPS, dan teropong. Mujiono menyampaikan, perangkat dalam kegiatan rukyatul hilal tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Agama Pusat, Karena Kemenag Purworejo berlokasi di pantai selatan yang memungkinkan dan strategis untuk mengadakan rukyatul hilal. (nuxon)