Rusmin Merawat Kesehatan Warga PPM

Purbalingga – Pelayanan kesehatan wajib ada dalam sebuah kecamatan untuk melayani masalah kesehatan bagi warganya. Demikian halnya dengan Perkemahan Pramuka Madrasah (PPM) ke-1 Kabupaten Purbalingga yang yang terdiri dari 2 Kelurahan dan 4 RW pun memfasilitasi warganya dengan sebuah pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan terhadap para peserta PPM dilakukan di sebuah bilik dengan 3 bed  dan kasur busanya yang nyaman.

Hal tersebut disampaikan Ketua Panitia, Ikhwandi Arifin kepada Humas Kankemenag, Jumat (4/1/2019) di sela-sela kesibukannya memantau pelaksanaan Perkemahan Pramuka Madrasah ke-1 di Bumi Perkemahan Munjuluhur Karangbanjar, Bojongsari. Ia menjelaskan, pengadaan fasilitas tersebut berkat kerjasama yang baik antara Panitia PPM dengan pihak-pihak terkait.

“Fasilitas kesehatan tingkat pertama tersebut kami beri nama Rusmin kependekan dari Rumah Sakit Mini. Ini adalah hasil kerjasama Panitia PPM dengan Dinas Kesehatan dalam hal ini Puskesmas Bojongsari. Di dalamnya tersedia Perawat dari Puskesmas Bojongsari, obat-obatan dan alat medis. Mobil ambulan juga disiapkan dan siaga memberikan pelayanan kepada warga PPM,” jelas Ikhwandi Arifin, Ketua Panitia PPM.

Selain itu terdapat petugas piket yang terdiri dari Panitia dan anggota Saka Bakti Husada Kecamatan Bojongsari dan Kutasari serta anggota PMR Madrasah Aliyah Yinnuba Beji Bojongsari juga turut menyukseskan kegiatan tersebut.

Bendahara PPM, Siti Honiah Mujiati menjelaskan pada kegiatan yang baru pertama kali digelar di Kabupaten Purbalingga tersebut pihaknya sudah berusaha secara maksimal untuk memberikan pelayanan yang terbaik.

“Demi pelayanan maksimal peserta PPM memiliki asuransi kesehatan. Kami bekerja sama dengan Asuransi Bumi Putera. Biaya setiap anak hanya Rp 5.000,00 sehingga total Rp 3.632.000,00. Asuransinya dihitung untuk satu kegiatan,” jelasnya. (sri_sar/gt)