Safari Sholat Jumat Pertama di Tahun 2019

Pemalang – Pelaksanaan sholat Jumat pertama (4/1) di tahun 2019 jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang diselenggarakan di Desa Sidokare Kecamatan Ampelgading. Kepala Kankemenag bersama jajarannya melaksanakan sholat Jumat di Masjid Baiturrohim. Turut hadir jajaran Polres Pemalang, Polsek Ampelgading, Koramil Ampelgading, KUA Ampelgading, pimpinan BAZNAS Kabupaten Pemalang, dan tokoh masyarakat Desa Sidokare.

“Di sini kegiatan Jumat pertama di tahun 2019 dilaksanakan, yang merupakan kegiatan rutin dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang. Kami berpindah dari satu masjid ke masjid lain yang berbeda kecamatan disetiap Jumat,” kata Kepala Kankemenag, Taufik Rahman dalam sambutannya seusai sholat Jumat.

Safari sholat Jumat dalam rangka mendekatkan Kankemenag bersama instansi lain yang turut serta kepada masyarakat. Melalui kegiatan ini, diharapkan program-program Kementerian Agama dan lainnya bisa disosialisasikan.

“Oleh karena itu, kita bersama aparat keamanan lebih dekat dengan masyarakat sehingga akan mempermudah dalam melaksanakan tugas kita masing-masing yang berhubungan dengan masyarakat,” lanjutnya.

Sebelumnya, Kapolsek Ampelgading, Imam Khanafi yang juga bertugas sebagai khatib dalam khutbahnya menjelaskan tahun 2019 adalah tahun pesta demokrasi. Masyarakat diharapkan turut menjaga keamanan, ketertiban, dan ikut mensukseskan pelaksanaan pemilu.

Menegaskan kembali ajakan khatib, Taufik Rahman meminta perbedaan pilihan tidak menjadikan perpecahan di masyarakat.

“Waktunya pesta demokrasi di tahun 2019, jangan menjadi alasan terjadinya perpecahan, retaknya persaudaraan karena perbedaan pilihan. Meskipun berbeda pilihan, namun harus tetap menjaga persaudaraan. Kita jaga keamanan dan ketertiban bersama-sama, bersama aparat keamanan,” pungkas Taufik.

Di akhir acara, Taufik bersama pimpinan BAZNAS, perwakilan Polres Pemalang, dan Koramil Ampelgading membagikan bantuan kepada masyarakat Kecamatan Ampelgading. Total bantuan yang dibagikan sebesar Rp 17 juta yang bersumber dari zakat profesi ASN Kankemenag Kabupaten Pemalang. (fi/rf)