Salurkan Beasiswa Prestasi Bagi 43 Siswa Madrasah

Purbalingga – Sebanyak 43 siswa Madrasah yang terdiri dari 5 siswa Madrasah Tsanawiyah dan 38 siswa Madrasah Ibtidaiyah Tahun Pelajaran 2016/ 2017 memperoleh Bantuan Beasiswa Prestasi dari Pemerintah Daerah yang disalurkan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga. Adapun besaran Dana Beasiswa yang diterimakan sebelum dipotong pajak adalah Rp 1.000.000,00 untuk tingkat SMP/ MTs dan Rp 800.000,00 untuk tingkat SD/MI.

Kegiatan yang dilaksanakan Sabtu (05/08) oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga di Aula Sudirman itu merupakan kegiatan rutin dalam rangka mengawal visi misi Pemerintah Daerah Kabupaten Purbalingga serta bentuk perhatian pemerintah terhadap para siswa yang berprestasi di Purbalingga.  Terlebih lagi bagi siswa yang  berasal dari keluarga yang kurang mampu untuk memenuhi hak-hak pendidikan mereka. Adapun sumber dana Beasiswa tersebut adalah Anggaran SKPD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga.

Kepala Dinas Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga, Heriyanto dalam Sambutannya menyampaikan apresiasi dan motivasi agar para siswa penerima prestasi yang berjumlah 109 dari SD/ MI dan SMP / MTs itu terus bersemangat melanjutkan pendidikan dan menggapai cita-citanya.

“Atas nama Pemerintah, saya mengucapkan terima kasih dan selamat atas prestasi yang diraih anak-anak semua pada Ujian Nasional, Ujian Sekolah yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. Teruslah menempa diri, melatih diri belajar untuk meraih cita-cita. Walaupun nilainya tidak seberapa, lihatlah sebagai bentuk perhatian Pemerintah Daerah dalam rangka memberikan dorongan prestasi kepada anak-anak kita,” kata Heriyanto.

“Diharapkan anak-anak yang prestasinya tinggi “tidak lari” dari Kabupaten Purbalingga. Meskipun merupakan hak untuk menempuh pendidikan di manapun, tetapi diharapkan keikutsertaannya dalam memajukan pendidikan  sebagai wujud kecintaannya terhadap  daerah Purbalingga,” tambahnya.

Salah satu guru pendamping, Muhyono dari MIM Kemangkon  saat dikonfirmasi menjelaskan bhwa untuk tahun ini hanya satu orang siswanya yang mendapatkan beasiswa prestasi.

“Untuk tahun ini siswa kami hanya satu orang yang menerima, yaitu Fitri Noviantika dengan jumlah nilai 285 yang sekarang sudah bersekolah di MTs Muhammadiyah Kemangkon,” kata Muhyono.

Sedangkan Makhmud dari MIN Krangean menyampaikan bahwa dari madrasahnya ada dua siswa yang menerima beasiswa .

“Dari MIN Krangean, Kertanegara untuk tahun ini ada dua siswa yang mendapatkan Beasiswa Prestasi yaitu Abdus Shomad dengan jumlah  nilai 289,5 dan Kurnia Sandi dengan jumlah nilai  285,“ kata Makhmud.

Sementara MI Ma’arif NU 01 Kalijaran Karanganyar merupakan penerima terbanyak untuk jenjang MI yaitu 3 orang. Kepala Madrasah yang mendampingi, Mubarok menyampaikan bahwa seharusnya yang menerima hanya rangking 1 dan 2 di tiap kecamatan. Tetapi karena memiliki nilai sama maka  keduanya berhak memperoleh beasiswa yang sama.

“Rangking 1 di kecamatan kami Nur Farchatul Fuada yang nilainya 292. Sedangkan rangking 2 Aisyah Afitarachman dan Tri Mulyani Rohmatun memiliki nilai sama 291,5 sehingga saya  usulkan dan akhirnya memperoleh beasiswa yang sama,” jelas Mubarok.

Dari data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga diperoleh keterangan bahwa nilai tertinggi untuk jenjang MI diraih oleh Muhammad Naufal Dzakwan dari MI Istiqomah Sambas dengan total nilai 294. Sedangkan urutan kedua dengan nilai 293,5 diraih oleh Fairuz Shafa dari MI Muhammadiyah 1 Slinga Kaligondang dan Ganang Fattahudien Attar dari MI Istiqomah Sambas.

Sedangkan untuk jenjang MTs peringkat 5 besar diduduki Oki Fitria Hasani (373,5) dari MTs Muhammadiyah 07 Kejobong , Iman Edenia Jasmine (366) dari MTs Muhammadiyah 03 Bandingan, Atikah Azhar Syarif (363,5) dari MTs Muhammadiyah 01 Purbalingga, Isna Rifdatul Amiroh (361,5) dari MTs Negeri Bobotsari dan Riyanti Septiana (361,5) dari MTs Negeri Karanganyar. (sar/gt)