Workshop Kepengawasan PAI 2021

Samakan Persepsi Kepengawasan, Pokjawas PAI Gelar Workshop

Ungaran – Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan proses yang terdokumentasi dengan baik yang dimiliki suatu organisasi untuk memastikan bahwa layanan dapat tersampaikan secara konsisten setiap waktu. SOP juga sebagai standarisasi cara yang dilakukan setiap pelaksanan kegiatan dalam menyelesaikan tugas pokok dan fungsinya sehingga dapat meminimalisir kesalahan dan kelalaian.

Demikian penjelasan awal Kasi PAI Kab.Semarang, Rozikin, saat memberikan sambutan pengarahan dalam kegiatan Workshop Kepengawasan di Gedung PP PAUD Ungaran, Senin (4/10).

“Mengingat pentingnya SOP dalam semua layanan, maka tak salah bila dalam hal kepengawasanpun seluruh pengawas PAI harus berpedoman pada SOP yang ada,” kata Rozikin.

Selain mengingatkan akan tugas dari pengawas dan pentingnya memiliki serta menerapkan SOP dalam bertugas, dirinya juga mengingatkan kepada seluruh guru Pendidikan Agama Islam untuk bisa menciptakan budaya yang islami di sekolah sebagai wujud kompetensi kepemimpinan atau leadership yang dimiliki oleh guru.

“Banyak hal-hal positif yang bisa dilaksanakan di sekolah termasuk dalam memperdalam seni baca Alqur’an sebagai upaya membumikan Alqur’an di lingkungan sekolah,” imbuhnya. 

Beberapa hal yang dibahas dalam kegiatan workshop meliputi penyampaian grand design pengawasan oleh ketua Pokjawas Amir Mahmud, dilanjutkan dengan review program kerja kepengawasan mulai dari prota, promes, RKA dan RKM serta penyamaan dan penyeragaman butir instrument kepengawasan selain berbagi informasi terkini terkait regulasi yang berkembang di dunia pendidikan. (ns-shl/Sua)