Sambut Bulan Bahasa MAN 1 Cilacap Helat Lomba Kebahasaan

Cilacap – Dalam rangka menyambut bulan bahasa, Senin (15/10) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Cilacap menggelar lomba bahasa. Selain sebagai ungkapan syukur kepada Allah SWT, kegiatan tersebut juga untuk mempersiapkan kegiatan lomba di tingkat yang lebih tinggi. Kontes bahasa diikuti secara eksklusif oleh para siswa dari kelas XII jurusan bahasa. Jenis lomba bahasa yang digelar terdiri atas, pidato, bercerita dan bernyanyi dalam bahasa Arab dan Inggris.

Tasrun, selaku ketua panitia dalam sambutannya yang disampaikan menggunakan bahasa Inggris mengatakan bahwa, generasi muda Islam harus mampu berkreasi, termasuk dalam dunia kebahasaan. Tidak semua orang memiliki keahlian dalam berbahasa, meskipun itu adalah bahasa ibu. Karenanya, pihaknya mengajak seluruh peserta untuk terus meningkatkan kreatifitasnya agar menjadi generasi yang berkompeten dan berkarakter.

Sementara itu, Kepala Madrasah melalui Waka Kesiswaan, Sutiasno, mengajak para peserta agar menjadikan wahana tersebut untuk meningkatkan prestasi. Bagi yang berhasil menjadi juara pertama, nantinya akan mewakili madrasahnya ke tingkat Eks Karesidenan Banyumas. Rencananya even tersebut akan digelar pada (27/10) mendatang di Kabupaten Purbalingga. Dia menyebutkan bahwa, di dalam Al Qur’an surat Ar-Rum ayat 22, Allah SWT menjelaskan betapa pentingnya fungsi bahasa.

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlainan bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang yang mengetahui,”ungkapnya menukil arti ayat tersebut.

Atas dasar tersebut, selain berkompeten dalam sains dan teknologi, siswa madrasah diharapkan juga ahli dalam penguasaan bahasa. Di dalam ajaran agama diterangkan bahwa, bahasa merupakan kunci keselamatan hidup manusia. Dengan bekal yang lebih lengkap, generasi muda Islam khususnya lulusan madrasah aliyah, diharapkan memiliki kompetensi yang lebih tinggi dari sekolah lainnya, pungkasnya.

Sebagai pelengkap acara, sebelum kompetisi dihelat, diadakan pentas pidato lima bahasa oleh para siswa jurusan bahasa. Yakni, bahasa Indonesia, Inggris, Arab, Perancis dan Jawa. Inti dari pidato lima bahasa memberi motivasi kepada semua siswa untuk memanfaatkan bahasa sebagai ajang untuk mengembangkan diri dan prestasi yang mendapat sambutan dan antusiasme dari siswa yang mengikuti pembukaan.(Agus)