Sambut Hari Kartini, Dharma Wanita Dorong Peningkatan Kesejahteraan

Cilacap – Dalam rangka menguatkan peran wanita untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, Dharma Wanita Persatuan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap siap meluncurkan beberapa program. Karena bertepatan dengan momen peringatan hari Kartini, sehingga peluncurannya akan digelar pada (21/4) mendatang.

Pernyataan tersebut dikemukakan Ketua Dharma Wanita Kankemenag Kabupaten Cilacap, Siti Zubaidiyah Jamun, Rabu (5/4) pada rapat koordinasi pengurus inti di Ruang Rapat Kankemenag Kab. Cilacap.

“Kita sebagai istri aparatur pemerintah di Kementarian Agama harus bisa kerja lillahita’ala. Hal ini mengacu pada slogan Kemenag ‘Ikhlas Beramal’. Dengan begitu apapun yang akan kita lakukan insya Allah mendapat ridla Allah Swt. Termasuk usaha kita dalam membantu suami dalam bidang ekonomi. Dengan niat lillahi ta’alaa mari kita satukan tekad dan semangat untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga kita, tegasnya.

Program yang akan diluncurkan pertama kali adalah gerakan serentak menanam cabai. Program ini sebagai skala prioritas mengingat kaum wanita yang sangat merasakan dampak masih tingginya harga cabai. Menanam cabai bisa dilaksanakan dengan memanfaatkan celah pekarangan rumah yang masih kosong. Bagi yang tidak memiliki lahan, bisa menggunakan media seperti pot,bambu atau pipa paralon.

Adapun untuk program jangka panjang, akan ditingkatkan keterampilan boganiaga. Yakni usaha berdagang makanan skala rumah tangga maupun menengah. Program ini sudah sukses dijalankan oleh beberapa anggota, sehingga perlu ditularkan kepada anggota lain yang belum berhasil. Adapun ranah peningkatan terletak pada teknik mendapatkan, meningkatkan dan mempertahankan pemasaran.(on/bd)