Sambut Hari Santri, MTsN 3 Rembang Gelar Takhtimul Qur’an

Rembang – Dalam rangka hari Santri Nasional 22 Oktober, MTsN 3 Rembang menyelenggarakan rangkaian kegiatan, yaitu takhtimul Qur’an, sholawat, dan tahlil. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh civitas MTsN 3 Rembang, baik guru, karyawan, dan para peserta didik.

Kegiatan diadakan pagi hari ini (201/102018) di halaman MTsN 3 Rembang. Semua peserta didik duduk lesehan dan bergumul di lapangan, bersama-sama melakukan tadarusan Al-qur’an.

Usai tadarus, diadakan penbacaan sholawat dan tahlil yang dipimpin oleh Nur Hasan. Semua siswa tampak khusyuk mengikuti bacaan tahlil dan meresepati sholawat yang diserukan bersama-sama.

Kepala MTsN 3 Rembang, Warsan mengatakan, kegiatan ini diadakan untuk menyambut Hari Santri Nasional yang akan diperingati Senin depan. Kepada peserta didik, Warsan mengatakan, semua siswa adalah santri. Karena itu, perilaku kita harus mencerminkan sebagai seorang santri.

“Santri itu tawadlu. Kepada orang tua, kepada guru, dan mencintai sesama. Bersungguh-sungguh dab berdoa kepada Allah, agar ilmu yang diperoleh penuh dengan keberkahan,” kata Warsan.

Ditambahkannya, dengan hari santri, kita tingkatkan iman, islam, dan ihsan kita. Dan semakin meningkatkan iman dan ketaqwaan kita. “Dengan begitu, kita akan selalu terpacu untuk berbuat baik kepada sesama,” kata Warsan.

Warsan mengatakan, semangat santri harus dimiliki oleh semua peserta didik. Dikatakannya, lahirnya hari santri tak terlepas dari perjuangan para santri untuk melawan penjajah dan merebut kemerdekaan RI. Semangat tersebut, lanjutnya, harus dimiliki oleh siswa dengan cara meneruskan perjuangan mereka untuk pembangunan bangsa Indonesia.

“Oleh karenanya, teruslah bejalar, raihlah prestasi, dan banggakanlah Indonesia,” pungkasnya. – mst/iq/bd