Sambut Muludan, Bupati Ajak Warga Teladani Nabi Muhammad

PatiKepala Kankemenag Pati bersama warga pati turut memeriahkan kegiatan Sholawatan dan Pengajian umum dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 (Kelahiran Kanjeng Nabi) bersama Habib Helmy Bin Hasan Alaydrus dan KH. Abdur Rohman Syamsuri dari Kudus. Dengan Tema “Meneladani akhlaq Nabi Muhammad SAW dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara”, Kegiatan ini digelar di Halaman Masjid Agung Baitunnur Pati, Selasa (28/11/2017).

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Bupati Pati Haryanto, Kasdim 0718 Pati, Forkopimda Kab Pati, hadir sebagai pembicara, Habib Hilmy bin Hasan Al Aydrus dan KH.Abdur Rohman dari Kudus, Danramil Pati / yang diwakili Batuud, Camat Pati, Tokoh agama dan Alim Ulama serta Jemaah berjumlah sekitar kurang lebih 600 orang.

Ketua Panitia Heru Susanto, dalam sambutannya mengatakan, Selamat datang kepada Forkopimda atau yang mewakili dan seluruh tamu undangan maupun yang hadir pada acara pada malam hari ini. Terimakasih atas kehadirannya kepada Forkompinda dan semua tamu undangan. “Semoga dengan acara ini kita bisa lebih meneladani Nabi Muhammad SAW Mudah-mudahan acara ini berjalan lancar sampai dengan selesai”.

Bupati Pati Haryanto menyampaikan, “Terimakasih kepada Bapak Habib Helmy Alydrus, K,H. Nur Rohmat, Forkopimda , para sepuh pinisepuh dan seluruh jemaah yang hadir. Acara ini dilaksanakan seluruh pelosok Indonesia maupun pelosok Kab. Pati merupakan agenda tiap Tahun Mengagungkan Nabi Muhammad SAW semakin bertambah semangat untuk mencintai beliau baik tuntunannya, ajaran” nya dan semuanya sesuai syafaat agama islam, dari Jaman Jahiliyah sampai sekarang ini merupakan perjuangan yang tidak semudah yang kita bayangkan Mudah-mudahan dijauhkan dari segala macam bencana alam dan dimudahkan dalam menghadapi cobaan atau ujian hidup”. Urai Haryanto.

“Kita harus instropeksi diri atas kelebihan/kekurangan yang kita miliki Apapun yang kita perbuat untuk masyarakat. Kita sama-sama membangun Kabupaten Pati untuk lebih maju lagi, baru-baru ini Pati menjuarai MTQ , Mari kita berbuat sesuatu yang bermanfaat baru saja saya memberi penghargaan kepada Guru berprestasi / berbuat yang bermanfaat, Mudah – Mudahan dengan keteladanan Nabi Muhammad SAW kita bisa menambah kebajikan dalam hidup bermasyarakat” imbuh Haryanto.

“Kepada para Ortu tolong dijaga anak” nya dari berbagai dampak teknologi sekarang seperti HP dan sebagainya serta dari makanan/ minuman sekarang yang sudah tidak alami lagi, saya tidak bisa bicara banyak,  namun mari kita bersama melakukan apa yang telah menjadi ajaran Nabi Muhammad SAW, Semoga kita bisa istiqomah dan mendapat syafaat Nabi”, tukasnya.

Dalam tausyiahnya K.H.Abdur Rohman Syamsury menyampaikan, “Pertama-tama, mari kita panjatkan puji serta syukur ke hadirat Allah SWT. Atas Rahmat dan Karunia-Nya kita masih dapat bernapas dan berkumpul di tempat ini. Semoga Allah menjadikan langkah kaki kita sebagai amal saleh ketika kita melangkahkan-nya untuk beribadah dan menimba ilmu. Sama seperti kita yang telah meluangkan waktu untuk datang dan menghadiri tausiah ini”.

Semoga di hari yang bersejarah ini kita bisa mendapatkan syafaat dari Nabi Besar Muhammad SAW, peringatan maulid mengingatkan kita bahwa Nabi Besar Muhammad SAW  adalah suri tauladan yang baik. Kesungguhan kita dalam mengikuti teladan Rasulullah SAW secara utuh dalam mengarungi perjuangan hidup ini adalah kunci menuju kehidupan umat yang lebih maju dan bermartabat di masa yang akan datang. Perubahan menjadi lebih baik, lebih utuh dan lebih bersungguh-sungguh dalam meneladani Rosulullah SAW dalam seluruh sisi kehidupan kita. Kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa, negara.

Maulud atau yang lebih kita kenal dengan sebutan maulid adalah hari lahirnya Rasulullah Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah.Makna dari maulid Nabi ialah ialah sebagai ekspresi kegembiraan dan juga penghormatan pada sang Nabi, perayaan maulid nabi ini telah lama mengakar di masyarakat Islam jauh sebelum Rasulullah wafat.Semoga di hari yang berbahagia dan penuh sejarah ini, kita dapat memaknai Maulid Nabi Muhammad, dan semoga kita selaku muslim dapat mencontoh perilaku baik yang dimiliki oleh beliau. Amin.

Di hari yang bersejarah bagi umat muslim ini, mari kita mengkaji sejarah maulid Nabi Muhammad yang penuh dengan perjuangan. Kita sudah mengetahui bahwa beliau lahir pada tanggal 12 rabiul awal tahun gajah. Yang mana pada hari di mana beliau lahir ada peristiwa besar yang terjadi di kota mekah yakni terjadinya serangan dari raja Abrahah pada ka’bah.

Pada saat itu, Nabi Muhammad lahir sebagai anak yatim karena ayahnya sayyidina Abdullah telah wafat sejak beliau masih ada dalam perut Ibunya Siti Aminah.dan bersholawatlah untuk Nabi, karena malaikat Allah SWT juga bersholawat untuk Nabi,Dengan menjalankan sunah dan teladan Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari sehari semoga kita mendapat syafaatnya selalu disetiap menjalani cobaan/ujian hidup. (dm/Athi’/bd)