Sambut Program Boarding School, MAN 1 Jepara Siapkan Gedung Berlantai Dua

Bawu – Kabar gembira bagi siswa-siswi SMP/MTs Sederajat yang ingin melanjutkan sekolah ke MAN 1 Bawu Jepara, mulai tahun pelajaran 2018/2019 madrasah yang berlokasi di desa Bawu, Batealit ini akan membuka program asrama (boarding school) yang dapat menampung 32 siswa putra dan 32 siswa putri.

Rencananya, siswa-siswi yang menempati asrama tersebut adalah siswa-siswi kelas unggulan, baik unggulan beasiswa penuh maupun unggulan regular.

Menurut Kepala MAN 1 Jepara, Ahmad Rif'an, menyebutkan segala sarana dan prasarana sudah disiapkan untuk menunjang program boarding school, termasuk tenaga pengajar dan kurikulum pembelajaran sore/malam hari.

"Kami sudah menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan dibukanya asrama madrasah. Semoga, apa yang menjadi keinginan kami, mempunyai asrama dalam pembelajaran agama Islam, dapat terwujud pada tahun pelajaran 2018/2019 ujar  Rif'an.

Selain itu, proyek pembangunan asrama utama dan gedung serbaguna di tanah seluas 4.879 m2 juga segera dimulai.

"Insya Allah bulan April ini akan dimulai, dan direncanakan akan selesai pada bulan Oktober, untuk dapat segera digunakan oleh para siswa MAN 1 Jepara  tambah Kepala yang juga menjabat sebagai dosen UNISNU tersebut.

Proyek pembangunan asrama utama berlantai 2 itu sendiri bersumber dari dana SBSN Kementerian Agama Republik Indonesia tahun anggaran 2018 sebesar 3,8 milyar rupiah.

Ditemui secara terpisah, Waka. Bid. Kurikulum MAN 1 Jepara, Tafrikan, menyatakan bahwa upaya rintisan asrama ini merupakan titik awal (starting point) bagi madrasah untuk terus maju, meningkatkan layanan pendidikan sejalan dengan visi dan misi MAN 1 Jepara.

"Kami berharap rintisan ini dapat menjadi tonggak bagi pengembangan khasanah kelimuan, terutama ilmu-ilmu agama, agar siswa MAN 1 Jepara dapat menjadi insan yang tidak hanya menguasai sains teknologi, namun juga membekali dirinya dengan ilmu-ilmu agama yang berguna bagi dirinya dan masyarakat", tandas Tafrikan.

"Selain mempelajari ilmu agama, kami juga menyiapkan kelas tahfidz, semoga semakin banyak siswa-siswi MAN 1 Jepara yang hafal/hafidz Al Qur'an," tutupya. (rofiq)