Sambut Ramadhan dan Pilkada Damai dengan Ngaji Bareng

Pemalang – Untuk menyambut bulan Ramadhan dan mewujudkan pemilihan kepala daerah Provinsi Jawa Tengah damai tahun 2018, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang bersama Polres Pemalang dan Kodim 0711/Pemalang mengadakan kegiatan akbar.

Kegiatan bertajuk Ngaji bareng jajaran Kemenag bersama Polri, dan TNI Kabupaten Pemalang dalam rangka menyambut Ramadhan dan Pilkada damai tahun 2018. Kegiatan dilaksanakan pada hari Jum'at (11/5) siang di Masjid Sulaiman Asy'ari Pagaran.

Kegiatan diikuti oleh sekitar 700 orang terdiri dari jajaran Kankemenag, anggota Polres, anggota Kodim, ulama, Kepala KUA, Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS, takmir masjid, dan masyarakat. Turut hadir tamu undangan instansi vertikal di Kabupaten Pemalang, pengurus partai politik di Kabupaten Pemalang, dan pengurus FKDT Provinsi Jawa Tengah.

“Mari kita sambut bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya, kita tingkatkan ibadah kita di bulan Ramadhan. Kita wujudkan Ramadhan yang damai di Kabupaten Pemalang”.

Demikian ajakan Kepala Kankemenag Kabupaten Pemalang, Taufik Rahman saat memberikan sambutannya. Dia mengingatkan bagi umat Islam yang masih punya hutang puasa Ramadhan tahun kemarin agar segera melunasi selagi masih ada waktu.

Terkait pelaksanaan pilkada, Taufik berharap bisa berjalan dengan damai. Dia mengajak umat Islam untuk menolak pelaksanaan kampanye di masjid atau sarana ibadah. Dia juga mengajak untuk menangkal berita hoax.

Sementara itu, Bupati Pemalang yang diwakili oleh Asisten II, Supa'at menyambut baik kegiatan ngaji bareng. Bupati melalui Supa'at mengajak untuk menjadikan kegiatan ini sebagai momentum untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Dalam beberapa hari ke depan umat Islam akan kedatangan tamu istimewa yang sangat dinantikan, yaitu bulan Ramadhan. Pada bulan itu Allah memberikan kesempatan yang sangat luas memberikan ampunannya serta melipatgandakan pahala amal ibadah umat Islam. Saya mengajak masyarakat Pemalang untuk berdoa dan bermunajat agar Ramadhan tahun ini menjadi Ramadhan yang terbaik bagi kita,” ujar Supa'at.

Pada tanggal 27 Juni 2018, warga Jawa Tengah akan memberikan suaranya untuk menentukan pemimpin Jawa Tengah melalui Pilkada. Pilkada memiliki peran yang penting dalam menentukan pembangunan, pelayanan kepada masyarakat, serta masa depan Jawa Tengah. Bupati Pemalang berharap masyarakat Pemalang bisa mengikuti rangkaian pilkada dengan damai.

Kegiatan ngaji bareng diisi dengan membaca Al-Qur'an satu orang satu juz, dilanjutkan pembacaan sholawat ulama, istighosah, tahlil, dan doa. Acara dilanjutkan dengan pengukuhan pengurus FKPP dan FKDT Kabupaten Pemalang periode 2018-2023. Acara di akhiri dengan pemberian bantuan kepada Penyuluh Agama Islam Non PNS dan Takmir Masjid pelaksana kegiatan Tadarus Al-Qur'an di Kabupaten Pemalang. (fi/rf)