Sambut Tahun Baru Islam, Santri Sumber Adakan Karnaval

Rembang — Dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah, ratusan santri Sumber, Senin (/10/09/2018) melaksanakan karnaval Muharram. Karnaval ini mengambil rute dari depan masjid besar Al Marjan Sumber kemudian berjalan keliling desa dan berakhir kembali di halaman masjid Al Marjan.

Karnaval ini dimeriahkan oleh ratusan santri yang terdiri dari santri beserta keluarga besar TPQ Al-Barkah Sumber, keluarga besar Madrasah Diniyah Ar-Rohman dan diiringi oleh parade marching band dari MI Islamiyah Sumber beserta Marching Band MTs N 4 Rembang.

Kegiatan ini dimulai setelah Ashar dan berakhir pukul 17.00 WIB. Selain santri, diikuti pula ustadz, tokoh agama, tokoh masyarakat beserta wali murid santri dengan dikawal oleh anggota banser dan ikatan remaja masjid Al- Marjan (IRMAS) desa Sumber.

Pawai berlangsung meriah dan penuh semangat. Setelah Pawai, dibacakan bersama-sama doa awal tahun dan akhir tahun. “Tujuan diadakannya pawai karnaval adalah untuk mengenalkan anak-anak bahwa 1 Muharram merupakan tahun baru ummat islam. Di samping itu, spirit muharram bisa menjadi energi baru untuk bergerak menuju ke arah yang lebih baik lagi,” ucap pemimpin doa, Ustadz Sholihin.

Menurut Abdul Basith dan Ahmad Alexs Saputra santri madrasah diniyah mengaku, bangga dan senang karena bisa ikut serta dalam menyemarakkan kegiatan tersebut.—dwi/iq/bd