Sanitasi Masjid Harus Piprioritaskan

Rembang – Masjid merupakan pusat kegiatan keagamaan yang kini sudah merebak di setiap kecamatan, bahkan desa. Sebagai pusat kegiatan agama, perawatan masjid perlu diperhatikan oleh takmir masjid, baik dari segi kegiatannya, maupun perawatan fisiknya.

Menurut Kasi PD Pontren Kankemenag Kabupaten Rembang, Musthofa, masjid sebagai tempat ibadah yang menjadi tujuan utama masyarakat untuk melakukan ibadah, utamanya sholat, harus terlihat rapi, bersih, dan indah.

Oleh karena itu, Dewan Pengurus Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Rembang merasa perlu mendorong takmir masjid untuk memprioritaskan kebersihan masjid. “Sehingga, perhatian tak melulu soal kegiatan keagamaan seperti pengajian, infaq, dan lainnya,” kata Musthofa yang bakal dilantik menjadi ketua DMI Kabupaten Rembang ini.

Menurut Musthofa, untuk mewujudkan misi ini, DMI perlu bekerjasama dengan Dinas Kesehatan di tingkat kecamatan, yaitu Puskesmas untuk rutin mengadakan kerja bakti di masjid.

“Kegiatan ini perlu didukung oleh pihak terkait, yaitu kecamatan, KUA, Polsek, dan Puskesmas setempat,” kata Musthofa.

Program lain yang perlu dilaksanakan yaitu memfasilitasi masjid atau musholla yang membutuhkan perawatan. Menurut rencana, tahun ini DMI Rembang akan mendapatkan bantuan satu unit mobil akuistik dari DMI Pusat. Mobil ini akan berfungsi sebagai mobil operasional untuk membantu perawatan masjid/musholla, atau masjid/musholla yang baru berdiri dan membutuhkan pemasangan alat-alat pendukung seperti listrik, soundsystem, dan lainnya.

Untuk membantu kelancaran perawatan masjid/musholla tersebut, DMI akan merekrut beberapa orang teknisi. Selain itu, pihaknya juga akan meminta dukungan pendanaan dari pemerintah daerah. — ss/bd