Santri Belajar Pada Alam

Banyumas – Santri harus belajar pada alam dan belajar dengan alam, demikian kata KH. Ahmas Shodiq Al Hafidz Pengasuh PP Al Ikhsan Beji pada pelepasan kegiatan Outbond Santri PP Al Ikhsan Beji ke Pantai Petanahan Kebumen Ahad (23/9).

“Karena alam tidak pernah membantah perintah Allah, apapun perintah Allah beredarnya planet ndan tata surya, banjir, longsor, gempa bumi, semua dilaksanakan oleh alam, dan dengan dekat alam santri dapat lebih merasakan kebesaran serta kekuasaan Allah,” ungkapnya.

Kegiatan outbond tersebut bertujuan untuk membangun rasa percaya diri, kerjasama, kemandirian dan jiwa kepemimpinan para santri. Pendamping santri Al Ikhsan Sujiman mengatakan, outbound merupakan kegiatan outing class untuk mengisi jeda semester ganjil usai ujian tengah semester. Kegiatan ini diikuti oleh santri dari tingkatan MTs sampai mahasiswa yang mondok di Pondok Pesantren Al Ikhsan Beji.

Sebetulnya kegiatan ini rutin dilaksanakan tiap tahun hanya lokasi outbonnya yang berpindah-pindah, katanya. “Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk menambah keakraban santri dengan program AEDP (Arabic English Development Program)”, yakni Program Bahasa Inggris dan Arab bagi santri PP Al Ikhlas.

Dalam kegiatan tersebut santri diajarkan teknik bekerja sama, berorganisasi, melatih jiwa kepemimpinan dan sebagainya. Tentu saja dibungkus dengan permainan di lapangan., sehingga tujuan pendidikan tercapai dan anakpun tetap fun, imbuhnya.(gie/bd)