Santri TPQ dan Madin Meriahkan Tahun Baru Islam Dengan Helatan Lomba

Rembang — Dalam rangka menyemarakkan tahun baru islam 1 Muharram 1440 Hijriah, santri dan masyarakat Desa Sumber Kecamatan Sumber mengadakan berbagai macam lomba, baru-baru ini.

 Peserta lomba kali ini berasal dari siswa TPQ, Siswa Madin, Masyarakat umum dan wali murid. Diiringi dengan iringan music sebagai penyemangat, Kegiatan tersebut berlangsung sangat meriah, karena disediakan berbagai macam hadiah. Tidak hanya juara saja yang mendapat hadiah, tetapi peserta anak-anak  yang turut serta lomba, juga mendapatkan hadiah buku tulis.

Lomba bertambah menarik dengan didirikannya panggung lomba beserta tempat untuk panggung berteduh bagi para penonton. Macam-macam lomba diantaranya lomba makan biscuit, lomba makan suap-suapan pisang dengan mata tertutup, lomba sepak bola ibu-ibu dengan memakai sarung, lomba menggiring bola kecil dengan media, lomba menggigit koin dalam semangka dan terakhir lomba panjat pinang atau jambean.

Lomba kali ini bukanlah pertama kali digelar, melainkan sudah menjadi rutinitas setiap tahun. “Semua perlengkapan lomba adalah swadaya dari masyarakat sekitar,” ungkap panitia lomba.

Penanggung jawab lomba, Ustadz Sholihin mengungkapkan, tujuan diadakannya lomba ini adalah untuk menjalin kekeluargaan antar wali murid, Madin dan TPQ AL-Barkah. “Momen ini adalah untuk mengenal tahun baru hijriah sebagai penagggalan dalam islam serta  menumbuhkan rasa kecintaan anak tentang perjuangan Rasulullah dalam berdakwah,” ujarnya. Dwi/iq/bd