Sasar Tingkatkan Kerukunan Umat, FKUB lakukan Kaji Terap

Salatiga – Dalam rangka menambah wawasan hasanah budaya dan agama dalam kerangka wawasan kebangsaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Salatiga mengadakan Kaji Terap ke FKUB Kab Sragen, Sabtu (29/09).  

Rombongan yang berjumlah 30 orang ini diterima oleh Wakil Bupati Kabupaten Sragen di meeting room Kantor Bupati Kabupaten Sragen.Turut mendampingi kunker Penasehat FKUB yakni Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Salatiga, Kepala KesbangPol Kota Salatiga dan  Kabag Kesra Setda Kota Salatiga.

Kepala Kantor Kemenag, Fahrudin selaku Dewan Penasehat FKUB dan juga mantan Ketua FKUB Kab Sragen menyampaikan maksud dan tujuan kaji terap selain untuk menjalin dan mempererat silaturrahmi juga saling tukar menukar ilmu, sehingga FKUB Kota Salatiga bisa meniru Kerukunan Umat Beragama yang ada di Kab. Sragen.

“Karena Kab Sragen dalam mewujudkan kerukunan antar umat beragama mampu mengelola perbedaan dengan bijak, sehingga Kab Sragen sendiri mendapat penghargaan Harmony Award atau Anugerah Kerukunan Umat Beragama dari Kementerian Agama,” ujar Fahrudin.

Ditambahkan oleh Fahrudin, kunker dipilih di FKUB Kab. Sragen karena FKUB Kab Sragen dianggap mampu berjalan dengan mapan. Kemapanan tersebut terlihat baik dari segi program – program kegiatan, dukungan sarana dan dukungan dana dari pemerintah Kab. Sragen.

Menurut Dedy Endriyatno,  Wakil Bupati Kab Sragen yang juga menjabat sebagai Dewan Penasehat FKUB Kab Sragen, FKUB  mampu menjalankan tugas dengan baik. Terlihat dari pengelolaan organisasi yang stabil, fungsi-fungsi koordinasi dengan instansi terkait sangat insentif, pengembangan dialog dan pembinaan kerukunan umat beragama cukup masif.Demikian pula kemapuan FKUB dalam melakukan deteksi dini dan mediasi konflik umat beragama, semua berjalan dengan baik.

“Sejauh ini, FKUB Kab Sragen yang diketuai Mahmudi, sangat terasa perannya dalam pemeliharaan kerukunan umat beragama di Kab Sragen,” kata Dedy.

“Pemerintah Kab Sragen sangat terbantu . Oleh Karena itu, kami sangat berterima kasih kepada FKUB, Kami sangat menaruh hormat pada para Kyai, Pendeta, Pastor dan lain-lain yang telah mengabdikan dirinya sebagai pengurus FKUB,” imbuh Wakil Bupati.

Diakhir kegiatan kedua belah bertukar cindera mata, tanda kita semua hidup di bumi yang sama, memiliki tanggung jawab yang sama walau memili aqidah yang berbeda.

Kegiatan dilanjut mengunjungi Kantor Sekretariat FKUB Kab Sragen untuk melihat lebih dekat atas keberadaan bangunan beserta kelengkapannya.(KK-Mnc/gt)