Satgas PPIH Pantau Perjalanan Pesawat Jemaah Haji via Aplikasi

Boyolali – Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini kian masiv, hampir setiap saat bermunculan aplikasi-aplikasi baru yang diluncurkan oleh para pengembang sangat membantu akan kebutuhan masyarakat, demikian juga yang dirasakan oleh Satuan Petugas (satgas) Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo dalam memantau kedatangan jemaah haji dari tanah suci. Kini dengan adanya aplikasi Informasi Penerbangan Haji yang diluncurkan oleh Garuda Indonesia sangat membantu bagi satgas untuk mengetahui pesawat pembawa jemaah haji sudah take off dari bandara di Arab Saudi. Di samping itu dengan dukungan aplikasi Flightradar24 Live Air Traffic yang sama-sama berbasis web memudahkan bagi siapa saja yang online jaringan internet.

Seperti halnya dalam memantau kedatangan jemaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 01 dengan nomor penerbangan GA 6701, yang terpantau lepas landas dari Bandar Udara Internasional King Abdul Aziz (KAA) Jeddah pada pukul 04:40 WAS, akan mendarat di Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda Banda Aceh pada pukul 17:30 WIB untuk transit melakukan pengisian bahan bakar. Selanjutnya GA 6701 lepas landas dari Bandara Banda Aceh pada pukul 18:30 WIB, rencananya pesawat pembawa kloter 01 asal Kabupaten Tegal akan mendarat di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Boyolali pada pukul 21:50 WIB.

Sedang untuk pesawat pembawa jemaah haji kloter 02 yang rencananya lepas landas pada pukul 07:10 WAS dan tiba Bandara Adi Soemarmo Boyolali pada pukul 23:55 WIB bergeser lepas landas menjadi 10:22 WAS dan rencana tiba di Tanah Air pada Senin dini hari 03:05 WIB. Pihak PPIH menyadari mundurnya jadwal penerbangan dalam pemulangan jemaah haji menuju Tanah Air khusus untuk kloter-kloter awal sudah menjadi hal yang biasa, hal ini lebih disebabkan karena penuhnya lot penerbangan di Bandara KAA Jeddah.

Tampak antusiasme Satgas PPIH dalam menyambut kedatangan jemaah haji kloter 01, masing-masing bidang sudah mempersiapkan diri dengan tugas dan fungsinya masing-masing demi sukses dan lancarnya pelayanan kepada duyufurrahman kembali ke Tanah Air. (gt/gt)