SBSN Ubah Wajah KUA Rembang

Purbalingga – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga yang rata dengan tanah sejak April 2018 lalu akan segera berganti wajah dengan gedung yang baru dan lebih representatif. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga Karsono menjelaskan, KUA Kecamatan Rembang mendapat alokasi proyek pembangunan gedung balai nikah dan manasik haji melalui pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) untuk pembangunan infrastruktur  Kantor Urusan Agama senilai 1,5 Milyar. Program SBSN adalah model terbaru yang diberlakukan oleh pemerintah Indonesia yang sudah berjalan sejak tahun 2016.

“Kabupaten Purbalingga termasuk kabupaten yang memperoleh SBSN selama tiga tahun berturut-turut. Yaitu 2016, 2017 dan 2018 untuk KUA Kecamatan Kaligondang, Kejobong, Karanganyar, Pengadegan, Mrebet dan Rembang,” jelas Karsono saat membuka Tasyakuran Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Rembang di lokasi lama, Senin (16/07).

Ditambahkan, pada tahun 2019 KUA Karangjambu dan Karangreja yang telah memperoleh tanah hibah dari Pemerintah Kabupaten Purbalingga akan mendapatkan bantuan yang sama. Karsono berharap pembangunan infrastruktur ini dapat dilaksanakan dengan baik sehingga menghasilkan hasil yang baik pula.

“Setelah gedung representatif maka harus diimbangi dengan pelayanan yang lebih baik yang mengutamakan kepuasan dan kenyamanan masyarakat,” harapnya.

Camat Rembang, Sukendro menyampaikan selamat kepada KUA Kecamatan Rembang yang memperoleh proyek SBSN.

“Kebetulan dan momentum yang sangat tepat. Gedung kantor Kecamatan Rembang baru saja selesai dibangun. Dengan demikian pembangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji adalah hal yang sangat menggembirakan karena ada keseimbangan secara fisik dan tentunya mari kita bersama-sama memaksimalkan diri dalam melayani masyarakat. Terutama sesuai dengan tugas KUA yaitu pelayanan  pencatatan pernikahan dan haji,” himbaunya. (sar/gt)