Sebanyak 14,319 Jemaah Haji dipulangkan Melalui Debarkasi Solo

Boyolali – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo menerima jemaah haji sebanyak 3 kelompok terbang (kloter), pada pukul 02:37 WIB dini hari kloter 38 dari Kabupaten Rembang dengan jumlah jemaah sebanyak 357 mendarat di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Boyolali, dilanjutkan dengan kloter 39 dari Kabupaten Blora pada pukul 09:05 WIB dengan jumlah jemaah sebanyak 357 dan kloter 40 dari Kabupaten Jepara pada pukul 13:05 WIB dengan jumlah jemaah sebanyak 359 mengakhiri kedatangan jemaah haji pada Selasa, (04/10).

Sekretaris PPIH Noor Badi menyampaikan bahwa sesuai dengan jadwal rencana kedatangan jemaah haji, hari ini Asrama Haji Donohudan Boyolali telah menerima kedatangan jemaah haji sebanyak 1,073 terbagi dalam 3 kloter mulai sejak dini hari hingga siang ini.

“Sebanyak 1,073 jemaah haji telah kita terima dan melalui seremonial sederhana telah kita serahkan kembali kepada petugas daerah masing-masing, mulai dari kloter 38 Kabupaten Rembang, dilanjutkan kloter 39 Kabupaten Blora dan yang barusan selesai Kloter 40 Kabupaten Jepara,” urai Noor Badi saat dikonfirmasi seusai penyambutan dan penyerahan jemaah haji kloter 40 Kabupaten Jepara di Gedung Muzdalifah.

Menurut catatan dari ketiga kloter yang datang, untuk kloter 38 terdapat mutasi masuk 1 orang dari kloter 41 karena kembali bergabung dengan kloter awalnya dan 4 mutasi keluar karena bergabung kembali dengan kloter awalnya yakni 2 ke kloter 36 dan 2 ke kloter 37.  Untuk kloter 39 terdapat 2 jemaah mutasi masuk dari kloter 45 juga karena bergabung kembali dengan kloter awalnya dan 3 mutasi keluar karena 2 jemaah bergabung kembali dengan kloter 37 serta 1 wafat di Pemondokan saat di Mekkah. Sedang untuk kloter 40 utuh sejak keberangkatan hingga kepulangan tidak ada mutasi masuk maupun keluar sehingga tetap berjumlah 359.

“Alhamdulillah dari ketiga kloter yang datang, kloter 40 utuh berjumlah 359, kloter 39 terpadat 2 mutasi masuk dan 2 mutasi keluar serta 1 orang wafat jumlahnya menjadi 357 dan kloter 38 terdapat mutasi masuk 1 dan mutasi keluar 4 jumlahnya menjadi 357,” lanjutnya.

Ditambahkan, dengan masuknya kloter 40 total jemaah pada Debarkasi Solo yang telah dipulangkan dari Arab Saudi berjumlah 14,319 dengan catatan 3 jemaah saat kepulangan tidak kembal ke Indonesia melainkan langsung lanjut ke Inggris dan Perancis karena ada urusan pendidikan, 2 jemaah wafat saat di pesawat dan dalam perjalanan dari bandara menuju RSD. Moewardi dan 1 orang masih rujuk dan dirawat di RSD. Moewardi sedang sisanya telah kembali ke rumah masing-masing.

“Sampai dengan hari ini sudah 14,319 jemaah haji telah dipulangkan dari Tanah Suci, dengan rincian 3 jemaah tidak kembali ke Indonesia namun lanjut ke luar negeri karena alasan pendidikan, 2 wafat dalam perjalananm 1 orang sakit rujuk di RSD. Moewardi dan sisanya telah berkumpul dengan keluarganya,” tambahnya.

Hingga sampai kedatangan kloter 40 tercatat 9 jemaah masih tertinggal di Arab Saudi 8 diantaranya karena sakit dan dirawat di rumah sakit maupun KKHI Mekkah sedang 1 orang pendamping sakit. Untuk jemaah wafat sebanyak 46, 45 wafat di Arab Saudi dan 1 wafat di Tanah Air dalam perjalanan dari bandara menuju rumah sakit. (gt/gt)