Sebanyak 250 Warga Tambak Terima Zakat

Banyumas – UPZ Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas mengadakan kegiatan pentasharufan zakat bertempat di Kampus II MIN Watuagung Desa Watuagung Kecamatan Tambak, Rabu (18/01).

Kegiatan ini dihadiri oleh Pengurus UPZ, Camat Tambak, Kapolsek, perwakilan Koramil, Kepala KUA Kecamatan Tambak, Kepala MIN Watuagung, Kepala Desa, Pengawas PAI dan Madrasah Kecamatan.

Kepala MIN Watuagung, Saridin menyampaikan bahwa total zakat yang disalurkan oleh UPZ pada kegiatan kali ini sejumlah 25 juta rupiah. Zakat yang dibagikan berupa paket sembako dan dibagikan kepada 250 warga di Kecamatan Tambak. Saridin berharap semoga zakat yang dibagikan memberikan keberkahan bagi yang menerima dan sekaligus mensucikan harta bagi yang berzakat.

Pembagian zakat yang bertempat di Kampus II MIN Watuagung, juga sekaligus dimanfaatkan untuk perkenalan gedung baru MIN Watuagung kepada masyarakat. Seperti yang disampaikan Saridin, gedung baru tersebut adalah hasil amal jariyah warga Watuagung yang peduli terhadap pendidikan khususnya madrasah. Gedung baru juga berdiri di atas tanah wakaf hasil sumbangan salah satu warga yang dengan ikhlas menyumbangkan tanahnya.

“Penyelesaian pembangunan gedung baru MIN Watuagung ini bukan berasal dari dana DIPA, tapi murni hasil sumbangan warga masyarakat,” tegas Saridin.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari UPZ yang disampaikan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Ibnu Asaddudin, mewakili Kepala Kantor. Zakat secara simbolis diberikan oleh Ibnu didampingi Pengurus UPZ Kankemenag, Camat, Kapolsek, dan Kepala KUA. Ibnu berharap zakat yang diterima bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Sing akeh sukure, aja dideleng isine (banyak-banyak bersyukur, jangan dilihat nilainya). Selanjutnya doakan semoga semuanya baik yang memberikan maupun yang menerima zakat, selamat dunia akhirat, dilapangkan rejeki dan dimudahkan urusannya. Semoga tahun depan panjenengan semua bisa gantian membayar zakat, tidak lagi menerima zakat,” pesan Ibnu.

Ibnu menambahkan bahwa dana zakat yang terkumpul adalah hasil donasi dari guru-guru PNS maupun honorer dan pegawai di lingkungan Kankemenag Kabupaten Banyumas. Pentasharufan zakat UPZ adalah salah satu dari rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-71 Kementerian Agama yang diselenggarakan rutin setiap tahunnya. Acara ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Kepala KUA Tambak, Sokhibul Ikhsan. (hk/gt)