Sebanyak 326 Calon Jamaah Haji Wonogiri Ikuti Kegiatan Manasik Haji

Wonogiri – Sebanyak 326 calon jamaah haji di Kabupaten Wonogiri mengikuti kegiatan Bimbingan Manasik Haji tahun 1439 H / 2018 M yang di selenggarakan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Wonogiri, Selasa – Rabu, (10  – 11/7) di Gedung Giri Wahana Komplek GOR Wonogiri.

Kegiatan di buka secara resmi Wakil Bupati Wonogiri, Edi Santosa, turut hadir dalam acara tersebut Ka. Kankemenag Wonogiri beserta jajaran, unsur Forkompinda Wonogiri, Kepala OPD, pimpinan perbankan, kepala  KUA Kecamatan serta para calon haji.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri, H. Subadi dalam sambutannya kembali mengingatkan tentang pentingnya bimbingan manasik haji bagi jemaah calon  haji yang akan berangkat ke tanah suci.

“Kami harapkan agar bekal yang akan diterima serta petunjuk yang diberikan para nara sumber akan bisa menambah wawasan dan ilmu yang bermanfaat dalam melaksanakan ibadah haji nanti,” pesan Subadi

Pemerintah dalam hal ini berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan kepada calhaj mulai dari pra pemberangkatan dengan menyelenggarakan manasik di KUA sampai kepulangan dari tanah suci, ada beberapa hal yang perlu di persiapan oleh calon jama’ah haji sebelum berangkat  untuk meluruskan niat karena Allah SWT semata, memahami ilmu manasik sehingga calhaj harus belajar manasik mulai dari rukun dan syarat, tatacara ibadah hingga hikmah-hikmahnya, persiapan fisik dan mental dengan cara menjaga kesehatan dan memperbanyak olahraga dan perbanyak doa dan membersihkan diri semua di landasi dengan kesabaran dan keikhlasan.

“Untuk melaksanakan ibadah haji dibutuhkan pengetahuan yang cukup, kesabaran, dan keikhlasan, Kami bergarap bimbingan manasik haji ini dapat mendukung kesempurnaan ibadah seluruh jamaah calon haji untuk mencapai predikat haji mabrur,” pungkasnya.

Kegiatan Manasik haji tingkat kabupaten Wonogiri tahun 2018 M / 1439 H ini dengan materi Kebijakan Penyelenggaraan Ibadah haji oleh Zaenal Fatah (Kasi Pembinaan Pembinaan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah), Proses Perjalanan Ibadah Haji oleh Subadi (Ka. Kankemenag Wonogiri), Bimbingan Manasik Haji dan Umroh oleh Asyikin dan Pemantapan Kloter oleh Wahid Arbani (Kasi Gara Haji dan Umrah Kankemenag Wonogiri).(Mursyid-Heri/Wul)