Sebanyak 49 Pertemuan Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun Dilaksanakan

Sragen (PHU) – Inovasi program Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah dalam hal pemahaman materi bimbingan manasik haji adalah pelaksanaan Bimbingan Manasik haji Sepanjang Tahun.

“Manasik Haji Sepanjang Tahun di Kabupaten Sragen sudah dimulai sejak tahun 2019 secara tatap muka, bulan Februari 2020 berhenti karena pandemi,” terang Pelaksana Tugas Kepala Seksi PHU Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Sragen, Ahmad Ulin Nur Hafsun, Senin (10/05).

“Manasik haji secara online ini kita mulai sejak tanggal 1 Maret sehingga total telah dilaksanakan sebanyak 49 kali pertemuan secara online tiap hari Senin sampai Jumat,” urainya.

“Manasik haji secara offline sudah pernah kita ikuti dan di tahun 2021 kemasannya kita ubah secara online karena masih dalam masa pandemi Covid 19,” tambah Ulin.

Ulin menjelaskan bahwa kegiatan manasik haji online yang diikuti oleh per orang dari rumah maupun beberapa jemaah haji secara berkelompok di KUA Kecamatan dan IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Kecamatan agar tetap selalu mengedepankan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Ini bagian dari ikhtiar kita, semoga dengan ikhtiar pelaksanaan protokol 5 M yang telah kita lakukan pandemi ini segera berakhir,” harapnya.

Ulin berharap agar kegiatan Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun di Kabupaten Sragen yang telah berjalan secara daring via Zoom Meeting tidak mengurangi nilai-nilai dan tujuan dari Bimbingan Manasik Haji.

“Semoga kegiatan online ini tetap memelihara niat dan semangat kita dalam rangka upaya untuk mencapai ibadah yang berkualitas dan tentu kita siap menerima takdir terbaik dari Allah,” ucap Ulin.(vd/Sua).