Sebanyak 558 JCH Karanganyar Ikuti Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten

Karanganyar – Sebanyak 558 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Karanganyar mengikuti Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten Karanganyar Tahun 1439H/2018M di Gedung Wanita, (09/07). Bimbingan Manasik tingkat kabupaten yang diselenggarakan selama 2 hari ini merupakan kelanjutan dari kegiatan yang sama, dimana para JCH sudah mendapatkan enam kali bimbingan di tingkat kecamatan sebelumnya.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Farhani yang hadir dalam bimbingan manasik haji kali ini menyampaikan materi tentang Kebijakan Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1439H/2018M. Dalam kesempatan tersebut Kepala Kanwil berharap JCH dari Kabupaten Karanganyar mampu melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan mandiri.

“Bapak Ibu harus sehat dan senang karena itu adalah modal utama untuk mengikuti berbagai kegiatan hingga rangkaian manasik haji di tanah suci. Harapan Pemerintah adalah para Jemaah Haji mampu melaksanakan rangkaian ibadah haji mandiri,” kata Farhani.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Kankemenag Kabupaten Karanganyar, H. Musta’in Ahmad, Kasubbag TU/Kasi/Penyelenggara, Petugas Haji Kloter 40 dan 41 baik TPHI, TPIHI, TPHD dan TKHI.

Lebih lanjut Kakanwil Kemenag Jateng mengatakan bahwa walaupun ada berbagai macam karakteristik Jamaah Haji Indonesia, nyatanya Penyelenggaraan Ibadah Haji yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama adalah yang terbaik di Dunia.

“Dengan Jumlah JCH paling banyak di dunia, dimana pada tahun lalu 73% jamaah haji Indonesia masuk kategori RISTI, dan 45% pendidikannya adalah dasar. Nyatanya Penyelenggaraan Ibadah Haji Indonesia adalah yang terbaik di dunia. Indeks kepuasan jamaah haji kita pada tahun 2017 adalah 84,85?n intu predikatnya memuaskan,” jelas Farhani.

JCH asal Kabupaten Karanganyar akan berangkat ke tanah suci pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1439H/2018M berada di kelompok terbang (Kloter) 40 dan Kloter 41. Kloter 40 berjumlah 223 orang dan kloter 41 berjumlah 335 orang. Kedua kloter tersebut akan masuk ke asrama Haji Donohudan pada Sabtu, 28 Juli 2018 pukul 10.00 WIB dan pukul 16.00 WIB. (ida-hd/Wul)