Sejumlah Guru MTsN Diskusi Penyusunan Naskah Soal

Rembang— Sejumlah guru dari MTsN di Rembang turut berembug tentang penyusunan naskah soal-soal untuk berbagai jenis ujian di madrasah. Diskusi tersebut diadakan pada acara musyawarah guru mata pelajaran dalam penulisan naskah PTS, PAT, UM dan USBN guru MTs Negeri se-eks Karisidenan Pati, di Hotel New Merdeka Pati, Sabtu (6/10/2018).

Kegiatan ini diadakan oleh FK2M (Forum Komunikasi Kepala Madrasah). Adapun sejumlah guru yang menghadiri musyawarah ini adalah  Kepala MTs N Sale, Supalal, Kepala MTsN Sulang, Warsan, Kasi Kesiswaan MTs N 4 Rembang Siti Suwaibah.

Beberapa guru MTsN 4 Rembang yang turut andil dalam musyawarah tersebut adalah Siti Suwaibah untuk mata pelajaran Fiqih, Wagiyo utuk mata pelajaran Bahasa Arab, Yasrun  utuk mata pelajaran Matematika, Nurul Hidayati untuk mapel Bahasa Inggris kelas IX kurtilas), Erni Nur Aini untuk mapel Bahasa Inggris kelas VII kurtilas), dan Dheyse Erviana F  untuk mapel Seni Budaya Ketrampilan.

Siti Suwaibah mengatakan, musyawarah tersebut bertujuan untuk mengkoordinasikan, mengkomunikasikan tentang pemetaan, sinkronisasi dan lain-lain. Beberapa kelompok guru mengadakan forum diskusi kelompok guru sesuai dengan mata pelajaran masing-masing dalam penyususnan naskah.

“Dalam penyusunan naskah soal tiap-tiap level kognitif yang diuji meliputi pengetahuan dan pemahaman (30%) penalaran (35%) dan aplikasi (35%),” terang Suwaibah.

Ditambahkannya, komponen tersebut sesuai dengan kurikulum 2013 dan sangat efektif untuk menilaiembelajaran siswa tidak dari pengetahuan saja, namun aplikasi dalam aktivitas sehari-hari. — dwi/iq/bd