Sejumlah Santri Hafidzoh Ikuti Ujian Beasiswa

Rembang – Puluhan santri Nural Firdaus, Desa Kauman, Kecamatan Sulang, Rembang mengikuti ujian beasiswa santri tahfidz yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI. Ujian tersebut dilaksanakan pada Jum’at (3/11) di Ponpes Nural Firdaus.

Ujian ini dipantau langsung oleh pihak Kankemenag Kabupaten Rembang yang dipimpin oleh Kasi PD Pontren, Musthofa dan didampingi oleh Kasi Pendidikan Al-qur’an Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Fatchurrohim.

Adapun jumlah santri yang mengikuti program ini sebanyak 45 santriwati. Sesuai dengan juknis, bertindak sebagai penguji adalah pengasuh Ponpes. Rekapan nilai dari hasil ujian kemudian diserahkan kepada Kemenag RI. Pihak Kemenag RI kemudian akan menyeleksi santriwati yang lulus dan berhak mendapatkan beasiswa.

Musthofa mengatakan, program ini merupakan program Kemenag RI dalam rangkaian program 10 ribu tahfidz Indonesia. Program ini memiliki beberapa syarat antara lain, usia santri antara 7-22 tahun, dan diutamakan yang sudah menghafal 10 juz.

Musthofa berharap, akan banyak santriwati yang lulus dalan ujian tersebut. Sehingga akan mencetak generasi-generasi hafidz/hafidzoh yang turut menyukseskan program 10 ribu tahfidz Indonesia.

“Harapan kami, semoga peserta lulus ujian, dan bisa berpartisipasi dalam menyukseskan program pemerintah. Ini juga merupakan bentuk perhatian pemerintah untuk memuliakan para hafidz/hafidzoh,” kata Musthofa. — ss/bd