Seksi Bimas Islam Banjarnegara Adakan Validasi Data Revitalisasi KUA

Banjarnegara –  Kantor Kementerian Agama Kabupatn Banjarnegara melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam mengadakan kegiatan pendampingan, verifikasi dan validasi data bidang URAIS dalam Revitalisasi KUA tahun 2021, Sabtu,(20/11/21).

Kegiatan ini di laksanakan di RM Jujugan Kecamatan Sigaluh dan diikuti 20 KUA di Kabupaten Banjarneagra. H. Ali Mustofa selaku Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara membuka secara resmi kegiatan ini.

Ali mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini agar KUA bisa lebih maju dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama dalam penggunaan teknologi pelayanan yang serba digital sekarang ini.

“Selain itu pegawai KUA dalam pengadministrasian kantor juga diharapkan agar lebih baik dan selalu menjaga sarana perkantoran berupa BMN (Barang Milik Negara),” ucapnya

 Sementara itu, kepala Kankemenag Kab.Banjarnegara H. Agus Suryo Suripto dalam sambutannya mengatakan bahwa KUA harus memberikan contoh pelayanan di masyarakat yang baik. Selain itu, saya berharap petugas KUA selain mempunyai kecakapan dalam bidang administrasi juga dalam bidang keagamaan.

“Saya menghendaki kepala KUA adalah benar-benar orang yang mempunyai kemampuan terutama harus mumpuni dalam ilmu fiqih dan bacaan Al-Qur’an. Karena dimasa sekarang ini kepala KUA dianggap memiliki kemampuan layaknya kiai di tingkat Kecamatan,” ungkapnya.

Namun demikian, perlu saya ingatkan bahwa pada dasarnya kepala KUA juga merupakan pramong praja, yaitu pelayan masyarakat. Oleh karenanya kepala KUA harus mampu melayani masyarakat.

Suryo juga memberikan stimulus kepada kepala KUA dan para staf agar memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya. Setiap kepala KUA hendaknya memiliki jiwa loyalitas yang tinggi tidak boleh pelit demi berjalannya pelayanan yang kompak dan solid. Sehingga dalam pelayanan tidak ada keluhan dari masyarakat dan berjalan dengan lancar.

Setelah acara validasi dan verifikasi, Kasi Bimas Islam juga memberikan penghargaan kepada 3 KUA berprestasi sebagai juara pengelola BOP terbaik dan dan 3 KUA sebagai pengelola BMN terbaik.

“Alhamdulillah, setelah melakukan verifikasi dan validasi, kinerja KUA dalam bidang administrasi seperti BOP dan BMN sudah mulai membaik. Oleh karenanya saya ucapkan kepada para juara kategori administrasi BMN. KUA terbaik 1, 2 dan 3 adalah KUA Kecamatan Pandanarum, Karangkobar dan Purwareja Klampok. Sedangkan untuk Kategori Pengelola BOP. KUA terbaik 1, 2 dan 3 adalah KUA Kecamatan Purwareja Klampok, KUA Banjarnegara dan Pandanarum,” pungkasnya (aji/ak/rf)