Seksi PAIS Sosialisasikan 4 Agenda Penting 2017

Purbalingga – Pengurus Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (KKG PAI SD) dan Pengurus MGMP PAI SMP/SMA/SMK se Kabupaten Purbalingga mengikuti kegiatan Sosialisasi Program Kerja Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga.

Kegiatan yang diselenggarakan Kamis (06/07) di Aula Lantai II Kankemenag Kab. Purbalingga ini dipimpin Kasi Pendidikan Agama Islam Siswadi. Dalam paparannya dijelaskan adanya empat agenda penting yang harus segera dipersiapkan dalam semester II tahun 2017 ini.

“ Empat agenda penting yang harus segera kita persiapkan adalah : pertama Pemberkasan Tunjangan Profesi Guru PAI, kedua Rencana Kegiatan Seminar Wawasan Islam Rahmatan lil’alamin, ketiga Workshop Tugas Pokok Guru Pendidikan Agama Islam dan keempat Kegiatan Pentas PAI ,” papar Siswadi.

“Semua rencana kegiatan tersebut sudah ada anggaran biaya yang bersumber dari DIPA Tahun 2017. Jadi pelaksanaannya harus sesuai dengan ketentuan yang ada,” imbuhnya.

Staf Seksi PAIS, Sahrun menjelaskan, kegiatan Pemberkasan Tunjangan Profesi Guru adalah yang terdekat. Para guru PAI diharapkan bisa mengumpulkan kelengkapan berkas sesuai dengan waktu yang ditetapkan. Sedangkan rencana kegiatan Seminar Sehari Wawasan Islam Rahmatan lil’alamin diperuntukkan bagi siswa SMA/SMK.

“Seminar Sehari Wawasan Islam Rahmatan lil’alamin itu untuk pelajar SMA dan SMK. Pesertanya 40 orang siswa dari SMA dan SMK se-kabupaten Purbalingga. Kuotanya 15 untuk siswa SMA dan yang 25 dari siswa SMK. Materi yang diberikan tentang anti Radikalisme,” jelas Sahrun.

“Sedangkan Workshop Tugas Pokok Guru PAI diperuntukkan bagi guru PAI SD, SMP, SMA dan SMK. Dengan kuota jenjang SD 28 orang, SMP 9 orang, SMA 6 orang dan SMK 7 orang. Total peserta ada 50 orang,” imbuhnya.

Terkait rencana Pentas PAI tingkat Kabupaten Purbalingga, staf Seksi PAIS Imam Munjirin menjelaskan jenis-jenis mata lomba untuk setiap jenjangnya.

“Untuk jenjang SD hanya ada 4 mata lomba. Yaitu MTQ, Lomba Pidato, Musabaqoh Hifdzil Quran (MHQ), dan Cerdas Cermat PAI. Untuk SMP ada 5. Mata lomba seperti untuk SD ditambah Lomba Kaligrafi Islam. Sedangkan untuk SMA / SMK yang dilombakan adalah MTQ, Lomba Pidato, Seni Nasyid, Lomba Debat dan Lomba Kreasi Busana,” jelas Imam.

“Pentas PAI VIII Tahun 2017 Tingkat Nasional akan dilaksanakan Oktober di Aceh. Sedangkan tingkat Propinsi di Donohudan Solo direncanakan Agustus 2017,“ tambahnya. (sar/gt)