Selain Berbekal Ilmu Haji, CJH juga Harus Siapkan Fisik

Semarang – Ibadah haji sebagai rukun Islam kelima tidak hanya membutuhkan kesiapan mental rohani dan keilmuan terkait haji tetapi juga memerlukan kesiapan fisik. Karenanya kepada Calon Jemaah Haji (CJH) Kota Semarang hendaklah mempersiapkan jasmani dan rohani, fisik dan mental agar dapat menjalankan semua rukun, wajib dan sunah haji secara sempurna.

Demikian antara lain isi dari sambutan Walikota Semarang Hendrar Prihadi yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Sekda Pemerintah Kota Semarang Agustin Lusin Dwi Mayanti pada kegiatan Bimbingan Manasik Haji Kota Semarang ke-2 Tahun 1438H/2017M di Auditorium Kampus III UIN Walisongo Semarang, Sabtu (15/07).

Walikota berpesan agar CJH selalu mentaati peraturan para petugas supaya tidak terjadi musibah yang tidak diinginkan. “Jagalah nama baik Kota Semarang dan do’akan Kota Semarang beserta seluruh warganya agar menjadi kota yang lebih hebat dengan masyarakat yang rukun, bersatu dan aktif berpartisipasi membangun kotanya,” ujar Agustin ketika membacakan sambutan Walikota.

Pada kegiatan tersebut sekaligus dilaksanakan pelepasan 2108 CJH asal Kota Semarang tahun 1438H/2017. Pelepasan ditandai dengan penyerahan Daftar Pramanifes Jemaah Haji Kota Semarang Tahun 1438H dari Asisten Administrasi Sekda Pemerintah Kota Semarang diserahkan kepada petugas kloter.

Kegiatan juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang Muh Habib beserta pejabat di lingkungan Kemenag Kota Semarang, pegawai bagian Kesra Pemkot Semarang dan petugas kloter yang terdiri dari TPHI, TPIHI dan TKHI.

Kakankemenag Kota Semarang Muh Habib menyampaikan, CJH Kota Semarang tahun 1438H terbagi menjadi 7 (tujuh) kloter, 1 kloter yaitu kloter 18 termasuk dalam gelombang pertama dan 6 kloter tergabung dalam gelombang kedua yaitu kloter 66, 67, 68, 69, 70 dan 71. Kloter 18 berangkat Selasa (01/08), sedangkan kloter 66 Rabu (16/08). Kloter 67 sampai dengan 71 berangkat Kamis (17/08).

Pada kegiatan tersebut peserta mendapatkan sosialisasi peningkatan pelayanan haji 1438H/2017M dari Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Direktorat Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama RI Sri Ilham Lubis.

Di akhir kegiatan, kepada CJH disampaikan informasi jadwal pengumpulan koper dan jadwal pemberangkatan CJH dari Islamic Centre Manyaran Kota Semarang.(ch/gt)