Selama 73 Tahun, Pancasila Menjadi Bintang Pemandu Bangsa Indonesia

Tegal– Meski hari libur, seluruh instansi pemerintah wajib menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati hari lahirnya pancasila , seperti halnya yang dilakukan oleh Kantor Kementerian Agama Kota Tegal pada Jum’at (01/06) di halaman Kantor.

Upacara bendera tersebut diikuti oleh seluruh ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Tegal termasuk para pengawas dengan mengenakan baju batik lengan panjang bawahan hitam dan berpeci.

Peringatan hari lahirnya pancasila pada tanggal 1 Juni 2018 merupakan momentum yang penuh khidmat, karena bertepatan dengan bulan suci ramadhan, yang merupakan bulan yang sangat agung, seperti juga tahun lalu.

Dalam kesempatan tersebut KakanKemenag Kota Tegal, Akhmad Farkhan selaku Pembina Upacara menyampaikan sambutan Presiden RI, bahwa selama 73 tahun Pancasila sudah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia, hal tersebut bermakna bahwa Pancasila merupakan satu-satunya ideologi yang tumbuh dan bertahan di rumah kita yang ber-Bhineka Tunggal Ika.

Oleh karena itu tujuan dari penyelenggaraan upacara bendera ini dalam rangka menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila kepada generasi muda sebagai penerus bangsa.

Selain dari itu, KakanKemenag juga berharap kepada seluruh ASN yang merupakan bagian dari komponen bangsa Indonesia untuk bisa menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, harap Akhmad Farkhan.

Beliau berpesan kita sebagai negara majemuk, namun dengan dasar yang satu yaitu Pancasila, maka intoleransi bisa dicegah, ketidak-bersatuan bisa dihindari karena semua memiliki prinsip gotong-royong.

Kita harus terus bersatu, memperkokoh semangat Bhineka Tunggal Ika dengan tujuan menjadi bangsa besar, kuat dan nantinya akan menjadi bangsa pemimpin,” pungkas Farkhan (IM)