Selama Ramadhan, Pegawai Kemenag Awali Hari Bersama Al Qur’an

Karanganyar – Selama bulan suci Ramadhan, Pegawai Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar mengawali hari dengan membaca ayat suci Al Qur’an bersama di masjid Al Ikhlas, Kantor. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai muslim Kemenag yang berjumlah 70 an orang, dan sudah berlangsung selama empat tahun, sejak Pemerintah Kabupaten dan Kementerian Agama mencanangkan program Karanganyar bertaqwa.

Mengawali sambutannya, Kasubbag TU Kankemenag Kabupaten Karanganyar, H. Wiharso yang mewakili Kepala Kemenag mengajak seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kemenag untuk meningkatkan amal ibadahnya di bulan suci Ramadhan. Menurutnya, Bulan Ramadhan merupakan momentum yang tepat bagi muslim untuk meningkatkan amal ibadahnya.

“Selama bulan Ramadhan, setiap hari kita akan mengawali hari dengan membaca Al Qur’an dan mempelajarinya. Setiap Senin – Rabu membaca Al Qur’an di Masjid, Rabu kita belajar kitab dengan Mbah Damsiri dan Jum’at kita belajar bab Thaharah dengan Ustad Sholeh Masrur. Setiap hari juga kita adakan kultum setelah sholat dzuhur di masjid ini yang akan diisi oleh pegawai kemenag yang sudah ditunjuk”, ujar Wiharso saat menyampaikan penjelasan seputar program Ramadhan pada pegawai Kemenag, Senin (29/05).

Disamping itu, Kasubbag TU juga mengatakan bahwa program lain yang juga ada pada bulan Ramadhan adalah Tarawih Keliling pada 19 lokasi, 17 di daerah (kecamatan) dan 2 lokasi di Kota Kabupaten. Dan di akhir Ramadhan nanti akan ada itikaf di masjid agung, pembagian zakat fitrah, takbir keliling, hingga gebyar idul fitri lainnya.

“Selain program ibadah kita di kantor, nanti sore kita akan memulai tarawih keliling yang dimulai di pendopo rumah Bupati Karanganyar. Ada empat tim yang diisi oleh enam orang dan satu tim tetap yaitu Kepala Kemenag yang mana setiap hari akan mengikuti Tarawih keliling bersama Forum Komunikasi Pemerintah Daerah/Bupati/Wabup Karanganyar”, jelasnya.

Mengaji bareng ini tidak hanya dilakukan oleh pegawai Kemenag saja, seluruh Instansi pemerintahan, TNI/Polri, karyawan BUMN/BUMD, pelajar, perusahaan swasta dan lembaga di Kabupaten Karanganyar juga dihimbau untuk mengaji sebelum melaksanakan pekerjaan.

Penyuluh Agama Islam/pegawai KUA yang ada di Kecamatan memimpin kegiatan mengaji bersama ini di aula kecamatan bersama aparat di Kecamatan tersebut. Untuk Desa/Kelurahan di wilayah Kabupaten Karanganyar, Kementerian Agama juga sudah mempersiapkan penyuluh Agama Islam Non PNS yang siap terjun membantu pelaksanaan mengaji bersama dalam rangka program Karanganyar Bertaqwa di Bulan Suci Ramadhan. (ida-hd/wul)