Seleksi PPMN III MA Eks Karesidenan Semarang Dibuka

Semarang – Seleksi Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) III Madrasah Aliyah (MA) tingkat eks Karesidenan Semarang dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang Muh Habib di Kampus MAN 1 Semarang, Sabtu (25/03). Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut bertemakan Kreatif, Terampil dan Berkarakter, diikuti oleh peserta kontingen utusan MA se-eks Karesidenan Semarang. Hadir pada acara pembukaan, Kakankemenag se-eks Karesidenan Semarang, Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan, Pembina dan pelatih seluruh kontingen.

Dalam sambutannya Muh Habib mengatakan bahwa Seleksi PPMN III Tahun 2017 diharapkan dapat menjadi ajang silaturahmi madrasah baik bagi siswa maupun pembina/guru. “Adanya kegiatan ini juga menunjukan eksistensi madrasah, bahwa kegiatan kepramukaan di madrasah sama dengan kegiatan di pendidikan sekolah formal umum,” ujarnya.

Selanjutnya Kakankemenag berharap dengan kegiatan ini para peserta dapat lebih memahami dan membumikan Dasa Dharma Pramuka, mulai dari ketakwaan, cinta alam dan sesama, musyawarah dan rela menolong. “Kegiatan ini juga dapat memperkokoh patriotisme, wawasan kebangsaan serta kebhinekaan, sekaligus juga menumbuhkan kebersamaan di antara siswa madrasah,” kata Habib.

Ia mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, panitia, peserta, pendamping dan semua yang telah terlibat aktif, membantu dan berpartisipasi pada kegiatan ini. “Selamat berkompetisi dengan menjunjung tinggi sportifitas dan nilai – nilai Islami. Bagi yang berhasil kami ucapkan selamat untuk mengikuti Seleksi PPMN di Tingkat Provinsi dan nantinya dapat mewakili tingkat nasional. Sedangkan bagi yang belum berhasil, jangan patah semangat, karena lomba mesti ada yang menang dan ada yang kalah. Tingkatkan prestasi dengan rajin berlatih. Masih ada kesempatan di lain waktu karena pengalaman adalah guru yang paling berharga,” pesan Muh Habib.

Ketika dimintai keterangan, Kepala MAN 1 Semarang Muhlas selaku tuan rumah menerangkan bahwa Seleksi PPMN III  dimaksudkan sebagai wahana pertemuan bagi pramuka madrasah golongan penegak untuk menjalin ukhuwah persaudaraan, meningkatkan kualitas SDM, menambah pengalaman, keterampilan dan wawasan tentang Gerakan Pramuka. “Kegiatan ini dikemas secara kreatif, inovatif, produktif, rekreatif dan kompetitif,” ujar Muhlas.

Jenis kegiatan pada ajang tersebut meliputi keagamaan, peningkatan wawasan dan seni budaya, wisata, bakti masyarakat, dan juga kompetisi. Materi dan bentuk kegiatan yang dilombakan antara lain Pentas Tari Kreasi (pa-pi), Pengibaran Bendera, Orientering Kepramukaan (pa-pi),  Film Pendek, Lomba Bercerita Bahasa Inggris tentang Jasa Pahlawan Islam Indonesia, Yel-Yel Madrasah dan Pionering Aplikatif Budaya Nusantara.

Kegiatan ditutup Minggu (26/03) oleh Ketua Kelompok Kerja Kepala MA Eks Karesidenan Semarang, Syaefudin dengan hasil kejuaraan, Juara Umum MAN Purwodadi, MAN 1 Semarang dan MAN Kendal.  Juara umum berhak maju pada Seleksi PPMN tingkat Jawa Tengah.

Adapun Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) III tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Kementerian Agama akan dilaksanakan pada tanggal 14 – 20 Mei 2017 di Bumi Perkemahan Kobatin Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung. Kegiatan nasional ini akan diikuti lebih 3.000 peserta, terdiri dari pramuka penegak, official, pembina pendamping, serta Pimpinan Kontingen Daerah. (b.ni-ch/gt)