Seluruh Jamaah Haji Kab. Klaten Tiba di Tanah Air

Klaten – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten Masmin Afif menyambut kedatangan jamaah haji kloter 81,82 dan 83 yang kebetulan kedatangannya selisih 3 jam pada tiap kloternya, di komplek GOR Gelarsena Klaten,(2/10).

Kakankemenag Kab. Klaten yang didampingi beberapa Pejabat Pemkab Klaten mengucapkan selamat datang kepada jamaah yang telah kembali dari tanah suci, khususnya Jamaah Haji Kabupaten Klaten.

“Kita tahu banyak hambatan dan ujian yang sangat berat dihadapi disana. Semoga kesan dalam melaksanakan rukun Islam yang kelima ini, semakin menambah kualitas ibadah dan amal hidup yang lebih bermanfaat untuk diri, keluarga, tetangga, sahabat serta mampu menjadi suri  teladan di tengah masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut Masmin Afif mengapresiasi Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Klaten yang telah memberikan berbagai pelayanan maksimal  seperti memfasilitasi seluruh jamaah dengan menyiapkan bus untuk kepulangan jamaah dari Asrama Haji Donohudan ke Kab. Klaten.

“Alhamdulilah, ini berarti seluruh jamaah haji Kabupaten Klaten Klaten yang tergabung kloter 33 yang sudah datang pada lebih dahulu pada 17 September 2017, kloter 81, 82 dan 83 yang datang hari ini sudah tiba semuanya di Klaten,” ucapnya.

Ka.Kankemenag juga menyampaikan harapannya, semoga jemaah haji Klaten tersebut menyandang predikat haji Mabrur dan Mabruroh sehingga mutlak balasannya adalah surga, dan  juga mendoakan Jemaah haji Klaten yang wafat ditanah suci semoga mendapatkan maghfiroh dari Allah SWT dan keluarganya yang ditinggalkan tetap di beri kesabaran dan tawakkal.

Sementara itu Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah ( PHU ) Kankemenag Kabupaten Klaten Waznan Fauzi dalam keterangannya mengatakan, jumlah jamaah haji Kab. Klaten yang tergabung dalam kloter 33 berjumlah 355 orang, dari jumlah tersebut, sebanyak 354  orang akan kembali berkumpul kembali dengan keluarga masing-masing dalam keadaan sehat walafiat, sementara 1 orang jamaah meninggal dunia, katanya.

Ditambahkan, untuk kloter 81 sebanyak 279 berkurang satu menjadi 278 dikarenakan meninggal dunia, sedangkan untuk kloter 82 dan 83 utuh 355 serta 101 jamaah haji. Adapun yang meninggal dunia di tanah suci, yakni Sri Kamdari Reso Sudarmo (66) beralamat Dukuh RT.08 RW.04 Ngabean Karanganom dikarenakan sakit dan Sumairi (71) asal Jungkare 12/06 Jungkare Klaten, yang tergabung dalam kloter 81 SOC pemegang paspor B6619366 dikarenakan sakit.(aj/Wul)