Seluruh Siswa MIN 3 Magelang Jalani Tes IQ

Mungkid – Seluruh siswa MIN 3 Magelang mengikuti Tes Intelegence Quotient (IQ) untuk mengetahui potensi yang dimiliki siswa.  Kegiatan ini merupakan bentuk layanan psikologi kepada para siswa dengan bekerja sama dengan Dian Pertiwi Konsultan.

Kepala MIN 3 Magelang Siti Nurul Wachidah, melalui media sosial, Kamis, (15/03) menyampaikan bahwa pelaksanaan tes tersebut dilaksanakan agar para guru dan orang tua siswa mengetahui potensi apa yang dimiliki oleh siswa.

“Tes dilaksanakan selama dua hari, 13 s.d. 14 Maret, bekerja sama dengan Dian Pertiwi Konsultan,” kata Nurul Wachidah.

“Para guru dan orang tua ingin mengetahui potensi apa yang dimiliki para siswa. Dengan diketahuinya potensi yang dimiliki oleh siswa, diharapkan para guru dan orang tua siswa mampu mengasah dan menghimbau siswa kepada potensi yang dimiliki. Jikalau ada hal yang bersifat negatif diketahui, maka guru dan orang tua bisa menghimbau siswa sejak dini untuk memperbaikinya atau mengarahkan kepada hal yang lebih baik,” paparnya.

Selain untuk mengetahui potensi siswa, Siti Nurul Wachidah menyampaikan bahwa melalui Tes IQ tersebut, dapat diketahui kelainan-kelainan yang dapat menganggu pertumbuhan dan perkembangan anak.

“Jika ditemukan kelainan yang dapat menganggu pertumbuhan anak, hasil tersebut tidak akan menghalangi siswa untuk mendapatkan pendidikan melainkan madrasah akan mencarikan solusi dan bermusyawarah dengan orang tua .Jika diketahui ada keistimewaan, maka siswa tersebut akan mendapatkan perhatian khusus dari orang tua ataupun guru dalam mendidik,” lanjutnya.

Siti Nurul Wachidah menyampaikan komitmennya bahwa untuk mewujudkan prestasi pada siswa sehingga mengangkat mutu madrasah, diperlukan inovasi-inovasi. Salah satunya adalah menggali potensi yang dimiliki setiap siswa. Dengan berbekal pada tes IQ, maka guru akan dapat mengenali potensi yang ada sehingga mudah dalam menentukan metode pendidikan yang tepat.

Hasil tes akan disampaikan kepada para orang tua, sehingga mereka dapat terus memantau perkembangan putra-putrinya belajar di madrasah. Menurut Nurul Wachidah, hubungan yang baik dengan orang tua merupakan kondisi yang sangat diharapkan sehingga program-program madrasah dapat disampaikan dan direncanakan bersama. (am/bd)