Semangat, 43 Pengurus OSIS Ikuti Pengenalan Jurnalistik

Purbalingga – Dengan penuh antusias sejumlah 43 siswa MTs Negeri 2 Purbalingga mengikuti kegiatan Pengenalan Jurnalistik Bagi Pengurus OSIS yang berlangsung di Ruang Kelas baru madrasah setempat, Sabtu (10/11). Pembina OSIS, Agung Wisnu Aji dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan program yang sudah lama direncanakan.

“Program ini sudah direncanakan beberapa waktu yang lalu. Namun karena masa bakti kepengurusan OSIS sebelumnya sudah akan berakhir, kegiatan ini dilaksanakan pada kepengurusan OSIS yang baru. Mereka ini baru saja dilantik beberapa waktu yang lalu,” jelas Agung.

Menurutnya kegiatan Pengenalan Jurnalistik bagi Pengurus OSIS menjadi bekal penting siswa dalam menuangkan idenya melalui bahasa tulisan. Ia berharap kegiatan tersebut memberikan dampak positif kepada para peserta.

“Saya berharap kegiatan ini ada tindak lanjutnya. Paling tidak Majalah Dinding Madrasah dapat terisi, karena selama ini kurang banyak ide berupa tulisan maupun karya siswa lainnya yang ditempelkan di sana,” ungkapnya berharap.

Program besar berikutnya yang diharapkan terwujud adalah penerbitan majalah madrasah. Sebagai media informasi dan sarana penampungan karya-karya para siswa maupun guru-guru.

Narasumber yang juga Pengelola Situs/Web Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Sarwono dalam materinya mengajak para peserta untuk bersemangat membuat tulisan.

“Menulis itu mudah sepanjang ada kemauan. Bahan yang dapat ditulis ada di sekitar kita setiap hari dan setiap saat. Tinggal bagaimana kita merangkainya menjadi sebuah catatan yang selain menarik juga bernilai. Sejarah adalah tulisan atau catatan. Maka jika kita mau menulis berarti kita sedang membuat sejarah,” jelasnya bersemangat.

Selain memperoleh informasi tetang Dasar-dasar Jurnalistik melalui metode tanya jawab yang cukup interaktif, para peserta juga dibimbing secara langsung teknis penulisan berita model straight news (berita lugas/berita langsung).

Di akhir kegiatan salah seorang siswa maju dan membacakan hasil tulisannya berupa berita kegiatan upacara Hari Pahlawan di madrasahnya. (sri_sar/gt)