Semangat, Indonesia Raya Jadi Kado Indah Satpam Menikah

Purbalingga – Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Tahun 2021 yang diperingati Kamis (20/5/2021) menjadi hari spesial bagi Sama’un – Petugas Keamanan (Satpam) MTs Negeri 3 Purbalingga. Bertepatan dengan momentum Harkitnas yang diperingati pada pukul 10.00 WIB, para guru/pegawai yang hadir mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Kepala Madrasah H. Sudir menjelaskan, kegiatan memperingati Harkitnas dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya tersebut diagendakan usai kegiatan Rapid Test Antigen yang digelar Dinas Kesehatan kabupaten Purbalingga.

“Sebelumnya seluruh guru/pegawai dan siswa mengikuti Rapid Test Antigen untuk memenuhi persyaratan uji coba Pembelajaran Tatap Muka dengan hasil semua negatif. Selanjutnya kegiatan memperingati Harkitnas secara sederhana dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kita laksanakan di rumah Petugas Keamanan (Satpam) madrasah yang akan melangsungkan pernikahan. Kebetulan rumahnya berada tidak jauh dari madrasah,” jelasnya.

Menurutnya, ada keunikan tersendiri saat menyanyikan lagu Indonesia dengan sikap sempurna di tempat acara hajatan digelar.

“Biasanya yang terdengar lagu-lagu atau iringan musik modern, tembang campur sari, gendhing Jawa, irama dangdut atau lainnya. Sehingga moment unik ini menjadi kado spesial bagi Satpam madrasah kami yang sedang berbahagia,” katanya.

Layaknya saat upacara pengibaran bendera, para guru dan pegawai MTsN 3 Purbalingga (termasuk Satpam sang calon pengantin) bangkit dari duduknya, berdiri tegak menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dipimpin dirijen Dini Eka Lestari. (sar/bd)