Semarak, Launching Khotmil Qur’an Penyuluh di Masjid Al Ikhlas

Blora – Masjid AL IKHLAS Kaveling Kridosono Kecamatan Blora kota, pada rabu (28/3) telah berlangsung Launching Khotmil Qur’an PAI Kecamatan Kota Blora Kabupaten Blora yang semarak dengan dihadiri sekitar 100 orang yaitu para Penyuluh PNS dan Non PNS serta tamu undangan para Ta’mir masjid, lembaga/organisasi keagamaan juga jama’ah masjid.

Hadir dalam Kesempatan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Blora, Kasi Bimas Islam,  Kepala KUA Kecamatan Blora,  Camat Blora atau yang mewakili, Kapolsek dan Danramil wilayah Blora.

 Acara launching gerakan Khotmil Quran dimulai pukul 10.00 WIB yang sebelumnya sejak pagi telah dibaca ayat-ayat suci Al Qur’an hingga khatam 30 Juz  dan kepala Kankemenag Blora,Nuril Anwar meresmikan acara tersebut.

Dalam Launching Khotmil Qur’an Penyuluh Agama Islam Kecamatan Blora tersebut, Kepala KUA Kecamatan Blora I, Nasrullah menyampaikan bahwa Kegiatan ini diadakan untuk menggairahkan dan menggerakkan jama’ah masjid agar mencintai Al Qur’an sebagaimana  ayat Al Qur’an yang pertama kali turun dalam Surat Al Alaq yaitu perintah iqro’ (bacalah).

 

            Sementara itu Camat Blora  mengatakan bahwa Di Kecamatan Blora ada 28 Desa dan Kelurahan yang mana terdapat kemiskinan masih banyak, dan  banyak menemui masyarakat yang kehidupannya  masih digaris kemiskinan, Semoga dengan upaya melalui Program pengentasan kemiskinan  termasuk program Khotmil Qur’an yang membawa berkah ini maka kemiskinan makin berkurang dengan doa dari ayat Alquran”.

Hal senada diungkapkan Kasi Bimas Islam Kemenag Blora, Drs.H. Parmono, M.PdI bahwa   diharapkan melalui Kegiatan memakmurkan masjid dan menyejahterakan jama’ah dengan gerakan Khotmil Qur’an Binadhor maka “gaung” ayat-ayat suci Al Qur’an di masjid yang ada di Kabupaten Blora selain berpahala, Allah SWT juga  akan ‘menggrojok” rohmatNya untuk kehidupan manusia.

Maka itu, pihaknya berharap kegiatan tersebut mendapatkan dukungan para penyuluh agama Islam dan tokoh agama serta pemerintah setempat, karena Suatu program rintisan perlu kerjasama yang baik agar  program itu bisa terwujud baik dan menjadi tabungan amal atau catatan amal sholeh kita.

 “Bagaimana agar Desa/Keluarga menjadi  percontohan “Keluarga Sakinah” dengan pengamalan agama Islam dengan baik, Maka itu perlunya kita berkomunikasi, konsultasi serta kerjasama yang baik dengan berbagai pihak, dan semoga upaya membumikan Al Qur’an di Blora ini bisa terwujud dan dicatat sebagai amal sholeh”,  demikian harapan Kasi Bimas H Parmono dalam sambutannya.

 

Sementera itu, Kepala Kankemenag Blora, Nuril Anwar menyampaikan bahwa dengan upaya menyiarkan agama Islam sebagai agama Allah SWT, mudah-mudahan kita dapat barokah dan rohmad  dari allah SWT, karena  Kemenag bertanggung jawab terhadap keberadaan masjid yang  mempunyai fungsi selain tempat beribadah dan untuk kegiatan keagamaan  bahkan untuk urusan pemerintahan.

Untuk itu, Kemenag berkewajiban memakmurkan masjid dengan program Khotmil Qur’an selain mengembalikan fungsi masjid yang sebenarnya, Maka itu Launching  Khotmil Qur’an untuk yang ke 6 kali ini yang berlokasi di Kecamatan Blora merupakan upaya sinergitas Ta’mir masjid bersama sama dengan Kemenag untuk senantiasa bertanggung jawab memakmurkan masjid  yang sekaligus menjalankan perintah Allah SWT.

 

Menurutnya, saat ini Umat Islam keadaannya semakin mengalami penurunan moral dan krisis multidimensional,  karena keberadaan masjid tidak digunakan sebagaimana mestinya, misalnya melalui program dan  kegiatan-kegiatan keagamaan dan pembentukan  organisasi Remaja Masjid, Kotak amal masjid agar diberdayakan  untuk kesejahteraan  jama’ah masjid,  Hasil infaq  dan shodaqoh dikembalikan  untuk kesejahteraan jama’ahnya.

“ Kalau perlu kita stadibanding ke masjid-masjid yang sudah makmur jama’ahnya dan kita menimba ilmu  Bagaimana masjid ini dicintai jama’ahnya atau dicintai masyarakat, karena  Jama’ah perlu peningkatan keimanan dan kesejahteraan, jangan hanya memikirkan bangunan fisik saja yang akhirnya kesejahteraan jama’ahnya terbengkelai “paparnya.

Untuk itu, pihaknya menghimbau Penyuluh membantu mendorong agar  ta’mir memakmurkan masjid dan masjid harus mensejahterakan jama’ah serta masjid harus ramai kegiatan, karena ini perintah Allah SWT.

 

“Jangan jadikan rumahmu atau masjid rumah Allah ini  kuburan maka perlu Program kegiatan Khotmil Qur’an yang diadakan Kemenag bersama Penyuluh Agama Islam  yang bisa bekerjasama dengan Ta’mir masjid, sehingga Mari kita bersama memakmurkan masjid dan  setiap bulan sekali adakan kegiatan Khotmil Qur’an Binadhor atau Bilghoib”imbuhnya serius.

“sekali lagi mari kita memakmurkan masjid dan mensejahterkan jamaah dengan Usaha optimal  karena masjid itu rumah Allah SWT, sehingga perlu kita ramaikan masjid dengan penuh Ihlas untuk mencari ridlo Allah., karena barang siapa menolong agama Allah  maka Allah akan menolong kita”, demikian himbauan Kakan Kemenag Kabupaten Blora. (Kumaidi/Ima/bd)