Semarak Pentas PAIS Sebagai Ajang Kreativitas Dan Seni Siswa

Blora – Sekitar 244 siswa SD,SMP dan SMA/SMK se-kabupaten Blora dengan penuh antusias menyemarakkan ajang Kreativitas dan seni Seleksi pentas Pendidikan Agama Islam (PAIS) tingkat Kabupaten kemaren (10/8) di SMPN 2 Blora yang diselenggarakan oleh Seksi PAIS Kankemenag Blora.

Siswa siswi menunjukkan bakat, kreasi dan kepiawaiannya dalam lomba dengan penuh semangat untuk menjadi yang terbaik dalam berbagai cabang lomba antara lain untuk tingkat SD Musabaqoh Hifdzil quran (MHQ) diikuti 32 peserta, Pidato atau ceramah PAI diikuti 31 peserta, cerdas cermat PAI diikuti 48 peserta, dan tingkat SMP lomba Musabaqoh Tilawatil Quran diikuti 15 peserta, pidato PAI 17 orang, seni kaligrafi 17 orang dan Musabaqoh Hifdzil Quran (MHQ) 14 orang, serta untuk tingkat SMA/SMK lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an diikuti 16 peserta, Pidato ceramah PAI diikuti 15 Peserta, debat PAI 39 peserta.

Ketua Panitia, Imron, S.Ag,M.Pd.I menyampaikan bahwa tema pentas PAIS tahun ini adalah memantapkan keberagaman dengan merawat keragaman dengan tujuan penyelenggaraan kegiatan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME dan meningkatkan budaya seni yang bernuansa islami, apresiatif dalam membina khasanah budaya bangsa, mewujudkan meningkatnya ukhuwah Islamiyah di kalangan peserta didik untuk memperkokoh persatuan kesatuan bangsa, menciptakan aspek Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ) bagi peserta didik, menumbuhkembangkan kepercayaan peserta didik dan mengembangkan potensi dan kreatifitas peserta didik di Kabupaten Blora.

Kasi PAIS Kemenag Blora tersebut mengharapkan siswa siswi peserta lomba bisa memberikan penampilan tebaiknya dalam pentas PAIS tahun ini dengan penuh semangat karena merupakan upaya syiar agama Islam dan hasil terbaiknya akan dikirim ke tingkat Propinsi dan nasional.

“kami mengharapkan pentas PAIS ini bisa digunakan sebagai upaya memberikan motivasi kepada siswa untuk mencintai dan mempelajari Pendidikan Agama Islam di Sekolah sehingga kompetisi ini untuk mengevaluasi kemampuan siswa dan meuwujudkan generasi sholeh yang berkarakter” paparnya.

“untuk itu, pihaknya sudah menekankan kepada jajaran dewan juri dan panitera untuk bisa menilai perlombaan secara fairrnes dan obyektif sehingga benar benar mendapatkan bibit unggul siswa yang kreatif dalam PAI sehingga mendapatkan juara  terbaik”imbuhnya.

Sementara itu, dalam sambutan apel Pembukaan, Kepala Kankemenag Blora, Nuril Anwar, SH,MH menyampaikan bahwa Pentas PAIS ini merupakan upaya untuk menggali potensi dan kreatifitas siswa siswi SD, SMP dan SMA se-Kabupaten Blora dalam bidang keterampilan seni dan mengevaluasi pembelajaran PAI sehingga diharapkan peserta dapat berkompetisi secara sungguh sungguh.

“Kami berharap semua pihak bisa  mengedepankan sportivitas dan ukhuwah dalam berkompetisi, jadikan event ini sebagai ajang silaturrahim dan mempererat ukhuwah Islamiyah di antara sesama, baik antar peserta maupun sesama guru pendamping dan semoga menghasilkan para juara yang berkualitas untuk kita kirim ke Propinsi Jawa Tengah pada tanggal 28-30 Agustus 2017 di Asrama Haji Donohudan Kab. Boyolali. Dan bila lolos seleksi Provinsi,akan dikirim ke tingkat nasional di Aceh,” harapnya.

Dalam perlombaan, nampak siswa siswi SMA/SMK memberikan penampilan teraik dalam debat disertai argumen dan dalil yang mendasarinya begitu pula dalam  cabang lomba lainnya.

Adapun di akhir lomba diberikan penyerahan hadiah berupa piala dan uang pembinaan bagi para pemenang oleh Kasi PAIS Kankemenag Blora, Imron,M.Si dengan hasil antara lain juara I lomba pidato putra, SDN I Jimbung, Juara II dari SDN I Kunduran, Juara III dari SDN I Nglengkir, lomba pidato putri SD, juara I dari SDN 2 klopoduwur, juara II dari SDN 2 jagong, Juara III dari SDN Kamolan, Lomba MHQ putra SD dari SDN Islam Ummina, juara II SDN 2 Ngawen, Juara III SDN 1 Sidomulyo.dan Lomba MHQ Putri Juara I dari SDN Baitunnur, Juara II dari SDN 4 Kutukan, Juara III SDN I Ngawen, lomba LCC SD dari SDIT Mutiara Insan Cepu.

Untuk tingkat SMP, lomba Pidato juara I dari SMP Islam Baitunnur, Juara II SMPN I Randublatung, dan Juara III dari SMPN 1 Kunduran, lomba MHQ SMP, Juara I dari SMPN I Ngawen, Juara II dari SMPN 3 kunduran, Juara III dari SMPN 2 Cepu, lomba kaligrafi Juara I dari SMPN 5 Blora, Juara II dari SMPN 5 Blora, dan Juara III dari SMPN I Jepon, Lomba MTQ SMP, Juara I dari SMP Muhammadiyah Cepu, Juara II dari SMN I Ngawen, Juara III dari SMP Plus Insan Gemilang.

Untuk Tingkat SMA/SMK lomba Pidato, Juara I dari SMK Muhammadiyah I Blora, Juara II dari SMK PSM Randublatung, dan juara III SMK Ma’arif Tunjungan, lomba MTQ SMA/SMK Juara I dari SMA NU I Kradenan, Juara II SMA Al Muhammad Cepu dan Juara III SMK Al Hikmah Ngadipurwo, dan Lomba debat PAI SMA/SMK juara I dari SMAN I Blora, Juara II dari SMAN  Randublatung dan juara III dari SMAN I Cepu. (ima/bd)