Semarak, Siswa Madrasah Ikuti KUTIK Kemah 1 Muharram

Blora – Sekitar 1400 siswa madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah seKabupaten Blora dengan penuh antusias mengikuti kemah pelajar memperingati pergantian tahun baru I Muhrram 1439 H di Lapangan Markas Batalyon Infanteri 410 / Alugoro Blora, kemaren sampai kamis (21/9).

Ribuan santri ini berasal dari 55 MTs (Madrasah Tsanawiyah) dan 14 MA (Madrasah Aliyah) se- Blora. Selain dalam rangka menyambut tahun baru hijriah, agenda ini bertujuan meningkatkan kreativitas dan silaturahim santri madrasah dan antar madrasah se-Kabupaten Blora.

Agenda perkemahan santri ini digelar oleh KKM (kelompok Kerja Madrasah) Blora baik MTs maupun MA yang dibina oleh seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Blora. Agenda dimulai hari ini dan berakhir 21 September depan, bertepatan dengan 1 Muharram 1439 H. Tidak  hanya berkemah, para santri dalam tiga hari ini juga akan mengikuti serangkaian lomba, mengikuti gema sholawat dan terlibat dalam Pawai Ta’aruf Pramuka Santri.

  1. Muhammad Fattah, Ketua Panitia Perkemahan Santri di lapangan Markas Batalyon 410 / Alugoro ini memaparkan dalam kegiatan ini juga akan ditampilkan pentas kolosal selain bermacam lomba keagamaan .

“Akan ditampilkan pula pentas drama kolosal oleh para santri dan pelajar madrasah, bertema kebangsaan untuk lebih menyemarakkan kemah pelajar madrasah,” jelas Muhammad Fattah.

Dengan keikutsertaan siswa-siswi Madrasah dalam Perkemahan Madrasah “ Semarak 1 Muharram 1439 H” diharapkan bisa membentuk generasi muda yang mandiri, positif, kreatif serta inovatif serta menumbuhkan ukhuwah islamiyah diantara sesama generasi muslim.

Ia menambahkan, pada perkemahan santri ini diterjunkan sebanyak 266 pembina dari 16 kemacaatan.

Arif Rohman, Ketua Kwarcab Blorayang juga Wakil Bupati Blora pada pembukaan kemah santri hari ini berpesan agar parasantri yang mengikuti agenda ini menjaga kedisiplinan dan mengikuti seluruh kegiatan dengan serius. Sehingga, ke depan Blora siap menjadi tuan rumah perkemahan santri tingkat provinsi Jawa Tengah.

Hal senada disampaikan Kepala Kankemenag Blora, H.Nuril Anwar,SH,MH yang menyampaikan bahwa kemah pelajar yang diikuti oleh madrasah seKabupaten Blora baik MTs maupun Aliyah ini merupakan momentum untuk menyemarakkan peringatan 1 Muharram 1439 H, karena umat Muslim sangat perlu untuk mengisi pergantian tahun dengan dakwah dan pencerahan di masyarakat.

“semoga dengan Kemah santri ini akan meningkatkan disiplin dan kreatifitas siswa madrasah dan masyarakat bisa memahami gebyar dan syiar dakwah pergantian tahun baru Muharram oleh madrasah dan Kemenag Blora, maka diisi dengan berbagai gema sholawat, lomba lomba maupun pawai taaruf”ungkapnya serius. (Ima/BD)