Semarakkan hari jadi, Pemkab gelar semaan Al-Quran

Wonogiri – Peringatan Hari Jadi Kabupaten Wonogiri ke-274 yang jatuh pada 19 Mei 2015 mendatang tidak hanya dimeriahkan beberapa acara seremonial. Akan tetapi pada moment tersebut, panitia penyelenggara juga menyelenggarakan acara yang bernuansa keagamaan. Salah satunya dengan menggelar semaan Al-Qur’an yang digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Jum’at (1/5).

Hadir dalam acara tersebut Asisten Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Wonogiri, H. Bambang Haryadi, SH, MM dan Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Wonogiri, H. Maryanto, S.Sos, MM dan Kasi Bimas Islam Kankemenag Wonogiri, H. Haryadi, S.Ag. MSI.

Menurut Asisten Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Wonogiri, H. Bambang Haryadi, SH, MM semaan Al-Qur’an bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT mengayomi, membimbing dan memberikan kekuatan lahir batin kepada pemimpin dan pengambil kebijakan di jajaran pemerintah Kabupaten Wonogiri sehingga dapat menjaga pembangunan mental dan spiritual serta melimpahkan rizki, kesehatan, ketentraman dan kedamaian masyarakat Wonogiri.

Sekaligus solusi mencari kesejukan kedamaian untuk ketentraman hati dengan mendengar ayat-ayat Al-Quran, meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaatnya membaca Al-Qur’an, meningkatkan tingkat religiusitas di masyarakat, menjalin ukhuwah Islamiyah dan menjalin silaturahim antar para jamaah serta menjadikan masyarakat yang religius dan memperluas kegiatan dakwah Islam.

Kegiatan Semaan Al-Qur’an dipimpin oleh Ketua MUI Kabupaten Wonogiri, KH Abdul Azis Mahfuf dan diikuti oleh seluruh umat muslim di Kabupaten Wonogiri salah satunya Jamiatul Qura’wal Hufadz (JQH).

Sedang menurut panitia pelaksana semaan Al-Qur’an H. Haryadi, S.Ag.,MSI yang sekaligus Kasi Bimas Islam Kankemenag Wonogiri menghafalkan Al-Qur’an adalah bentuk nyata karena cinta kepada Allah SWT dan Rosululloh SAW, berharap akan ridho-Nya, dan agar beruntung mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat termasuk jama’ah yang menyimaknya.

Orang yang membaca Al-Qur’an bagaikan orang yang sedang menyelami samudera kehidupan, dan mengambil manfaat darinya. Orang yang selalu akrab dengan ayat-ayat Al-Qur’an akan diberikan jiwa yang sejuk, hati yang damai dan pikiran yang jernih, sehingga membuatnya ingin selalu beramal, kreatif, inovatif dan produktif.

Acara berlangsung sehari dimulai dari pukul 5 pagi dan berakhir pada pukul 5 sore. Silih berganti umat muslim mengikuti kegiatan sema’an Al-Qur’an dan di akhir kegiatan seluruh jamaah yang hadir turut mendoakan para pendiri Kabupaten Wonogiri dan para pahlawan yang telah lebih dahulu gugur memperjuangkan negeri ini.

Acara yang bernuansa keagamaan dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Wonogiri juga akan dilanjutkan dengan kegiatan Do’a Bersama yang akan digelar pada hari Rabu, 6 Mei dilanjutkan dengan kegiatan Gerakan Wonogiri Mengaji yang akan dicanangkan pada hari Jum’at, 8 Mei di Lapangan Giri Kridha Bakti Wonogiri. (Mursyid – Heri)