Semarakkan Peringatan Tahun Baru Islam dengan Khotmil Qur’an

Pemalang – Keluarga besar Madrasah Tsanawiyah Negeri Pemalang yang terdiri dari dewan guru, pegawai, dan siswa mengadakan peringatan tahun baru Islam 1439 Hijriyah, Jumat pagi (22/09) di Masjid Al-Ikhlas MTsN Pemalang. Acara diisi dengan tadarus Al-Qur’an, khotmil Qur’an, dan tausiyah.

Kegiatan tadarus dan khotmil Qur’an merupakan agenda rutin setiap Jum’at Kliwon dan dilaksanakan di kelas maupun ruang kantor. Namun kegiatan kali ini diselenggarakan di Masjid Al-Ikhlas sekaligus memperingati tahun baru Islam.

Ustadz Samsul Arifin Al-Hafidz selaku ustadz pada Islamic Boarding School MTsN Pemalang memimpin jalannya tadarus Al-Quran. Seusai khotmil Qur’an, Kepala MTs, Mimbar menyampaikan sambutannya.

“Mari kita senantiasa membaca Al-Qur’an dan berdoa semoga semua harapan guru dan siswa dikabul Allah SWT, mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan menjadi anak yang shalih,” tuturnya.

Selanjutnya Kyai Muhajir yang merupakan alumni MTsN Pemalang menyampaikan tausiyah. Beliau menjelaskan siswa harus mempunyai iman yang kuat untuk menghadapi tantangan zaman yang berat.

“Tantangan siswa zaman sekarang sangat berat. Banyak siswa punya hape, sering main ke kafe, pulangnya ke pantai. Karena itu para siswa harus punya fondasi mental yang kuat yaitu iman yang kuat dan akhlakul karimah. Salah satu cara imunisasi mental adalah dengan cinta Al-Qur’an, memahami Al-Qur’an, dan mengamalkan ajaran Al-Qur’an, Insya Allah para siswa MTsN Pemalang menjadi siswa yang berkarakter dan mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta ber-ahlakul karimah,” jelasnya.

“Terlebih MTsN Pemalang menyelenggarakan Islamic Boarding School yang mengajarkan tahfidz Al-Qur’an, maka MTsN Pemalang akan tampil memenuhi harapan orang tua dan masyarakat luas,” tambahnya.

Acara diakhiri dengan doa dan dilanjutkan dengan makan ambeng bersama di ruangan masing-masing. Ada 66 buah ambeng yang disediakan oleh para guru dan pegawai. (izin/fi/rf)