Seminar LPDP dan Fullbrigt Semarakkan Education Fair MAN 1 Magelang

Magelang – Training motivation dan seminar pendidikan  semarakkan Education Fair 2017 di MAN 1 Magelang, Minggu (05/02). Education Fair mengambil tema Open Your Mindset and Start Futures for Excellent Education , berlangsung selama 2 (dua) hari, 4 s.d. 5 Februari 2017, dimeriahkan oleh gelar kreativitas seni, pameran kegiatan eksrakurikuler, dan pameran edukasi dari bebagai stand universitas di Jawa Tengah.

Training motivation dilaksanakan pada Sabtu (04/02) di gedung Al-Khawaritzmi dengan motivator Syaiful Bahri. Dengan metode uniknya, ia memberikan motivasi kepada peserta.

“Kebanyakan orang itu lebih mudah mengatakan tentang keburukan orang lain daripada kebaikannya,” katanya.

Selanjutnya ia memutar video motiasi yang menjelaskan bahwa jika seseorang berbuat baik, maka ia akan memperoleh kebaikan untuk dirinya sendiri.

“Jika anda galau, sedih, badmood, males atau apalah masalah remaja biasanya, kunci menghilangkannya hanya satu. Bantulah orang yang ada disekitarmu. Itu akan lebih baik daripada mengurung diri dan menangisi di dalam kamar,” paparnya.

Sedangkan pada Minggu (05/02) digelar Seminar LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) yang memaparkan hal-hal terkait beasiswa yang akan diberikan kepada mahasiswa lulusan S1 yang akan melanjutkan ke jenjang S2 atau S3, dan Seminar Fullbright yang menjelaskan tata cara memperoleh beasiswa dari pemerintah Amerika Serikat.

Pembicara pertama dalam seminar tersebut adalah Sri Haryati  dengan mengusung topik Excellent Through Scholarship. Ia memaparkan  Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi  nomor 126 Tahun 2016 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Program Perguruan Tinggi Negeri. Sri Haryati mengajak para siswa madrasah untuk merencanakan dengan baik rencana melanjutkan studi ke pendidikan tinggi dengan menempuh jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Menurutnya, penting bagi para siswa untuk tidak salah dalam memilih SNMPTN.

Pembicara selanjutnya adalah Taufik Hidayat dengan topik Plaining Makes Perfect. Taufik menjelaskan seluk beluk LPDP sebagai sebuah sebuah lembaga non eselon yang langsung bertanggung jawab kepada Menteri Keuangan dan berpedoman pada kebijakan-kebijakan yang ditetapkan oleh Dewan Penyantun LPDP (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Keuangan, dan Menteri Agama).  Taufik juga menjelaskan tahapan-tahapan untuk memperoleh beasiswa dari LPDP menawarkan program regular untuk jenjang Magister dan Doktoral.

Pembicara ketiga adalah Siham Ahmed Abdi dan Julius Finhelpearl Tsai dari Amerika Serikat.  Siham menjelaskan tentang fungsi ETA (English Teacher Association) sebagai asosiasi guru mata pelajaran Bahasa Inggris yang menyediakan fasilitas saling tukar informasi, motivasi, dan kegiatan edukasi lainnya. Siham juga menjelaskan tentang AMINEF sebagai penyedia bagi warga negara Indonesia yang ingin memperoleh beasiswa Fullbright dalam rangka melanjutkan studi dan mengadakan penelitian di Amerika Serikat. (novi/m45k/Af)