Sempat Menangis lihat Jarum Suntik, Seluruh Siswa Berhasil Diimunisasi Rubella

Rembang – Beberapa anak tampak ketakutan ketika mendapatkan informasi akan diadakan imunisasi Campak-Measles Rubella. Ini karena imunisasi memang identik dengan campak, sehingga beberapa anak ada yang sempat menangis.

Namun setelah diyakinkan dan ditenangkan oleh dokter Puskesmas, seluruh siswa akhirnya berhasil diimunisasi dan anak bisa kembali tersenyum.

Itulah gambaran dari pelaksanaan imunisasi Campak-Measles Rubella yang diselenggarakan oleh MI An-Nashriyyah, Kecamatan Lasem, Rembang pada Selasa (1/8). Imunisasi ini diikuti oleh sebanyak 673 siswa.

Imunisasi ini terlaksana berkat kerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Lasem, dipimpin oleh dr. Nanin. Didampingi dengan beberapa perawat, dr. Nanin memberikan imunisasi satu persatu kepada para siswa.

“Terlihat ada yang sempat menangis ketika melihat jarum suntik. Namun dr. Nanin mencoba menenangkan,” kata Kepala MI An-Nashriyyah, Zaenal Abidin.

Sebelum pelaksanaan imunisasi ini, ada penjelasan manfaat imunisasi dari dr. Nanin. Seluruh guru dan siswa terlihat serius mendengarkan penjelasan dokter. Dijelaskannya, Rubella biasa menimpa pada anak berupa penyakit ringan pada anak.

“Akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan,” jelas dokter Nanin.

Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus.

Usai diimunisasi, para siswa tampak bergembira dan berfoto bersama dr. Nanin. — ss/bd