Seribu Siswa MIN 2 Sukoharjo Minum Obat Cacing Bersama

Sukoharjo-Generasi yang sehat sangat diharapkan supaya menjadi generasi yang handal sebagai pelaksana pembangunan bangsa. Perilaku hidup sehat selalu diarahkan kepada seluruh masyarakat khususnya para pelajar. Hal itulah yang menjadi dasar Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Sukoharjo melakukan gerakan perilaku hidup sehat kepada seluruh warga madrasah.

Salah satu gerakan perilaku hidup sehat yang dicanangkan MIN 2 Sukoharjo yakni gerakan hidup sehat tanpa cacingan. Sedikitnya 1.150 siswa melakukan aksi minum obat cacing bersama pada Jum’at (7/9/2018) usai senam pagi di halaman madrasah. Tak ketinggalan guru dan karyawan turut serta pada kegiatan tersebut sebagai wujud mensukseskan gerakan yang dicanangkan madrasah tersebut.

Seluruh siswa berkumpul di halaman dengan membawa poster yang dibuat dari rumah masing-masing. Obat cacing yang diminum merupakan bantuan dari puskesmas yang dikirim sehari sebelumnya. Sebelum siswa minum obat cacing, siswa diberi penjelasan manfaat pola hidup bersih dan sehat oleh Waka Kurikulum, Priyanto. Siswa dan warga madrasah lainnya harus membiasakan diri untuk mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan. Memotong kuku jari yang panjang dan selalu menjaga kebersihannya agar terhindar dari cacingan.

Pada kesempatan tersebut, kepala MIN 2 Sukoharjo, Danuri mengungkapkan bahwa selain kegiatan minum obat cacing yang diadakan setiap tahunnya, pihaknya juga sudah mempunyai program pencegahan penyakit cacingan yang dilaksanakan rutin setiap minggu melalui pemeriksaan kuku siswa dengan pendampingan wali kelas dan guru UKS. “Kita juga sudah punya tenaga khusus kesehatan yang ditugaskan untuk menangani gangguan kesehatan siswa sekaligus sebagai fasilitator untuk kampanye perilaku hidup bersih dan sehat,” kata mantan kepala MIN 1 Sukoharjo tersebut.

Sementara itu, pejabat humas MIN 2 Sukoharjo, Anton Purwoko yang juga turut hadir dalam kegiatan tersebut menjelaskan bahwa kegiatan minum obat cacing bersama itu dapat dijadikan sebagai salah satu wahana untuk mengkampanyekan perilaku hidup bersih dan sehat, dapat dilaksankan secara rutin setiap tahun serta dapat ditularkan oleh peserta didik di keluarga maupun lingkungan sekitar tempat ia tinggal.

Salah satu siswa, Abdillah mengaku senang dengan adanya kegiatan minum obat cacing bersama tersebut. Menurut Abdillah, orang tuanya sangat senang dan mendukung  ketika ia menginformasikan kegiatan tersebut sehari sebelumnya.  Ia juga berharap bisa hidup sehat dan terhindar dari penyakit cacingan.

 (Pry/Djp/bd)