Server Lama, Salah Satu Kendala Pelaksanaan UNBK

Kebumen – Kepala Kankemenag Kebumen, Panut mengatakan maintenence server dan segala sarpras untuk pelaksanaan harus dicek terlebih dahulu setengah jam sebelum pelaksanaan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Pernyataan ini disampaikan dia saat ditemui diruang kerjanya pagi tadi, Selasa (2/4).

Terkait hal tersebut, Kepala Kantor kemarin melakukan monitoring di beberapa Madrasah Aliyah untuk melihat pelaksanaan UNBK secara keseluruhan. Salah satu kendala yang menurutnya sangat berpengaruh terhadap pelaksanaan UNBK adalah tentang server lama yang sudah mulai susah bekerja.

Menurutnya server lama yang sudah mulai berkurang kemampuannya harus secepatnya  diganti dengan server baru. “Server lama harus diganti dengan yang baru, dan harus dilakukan secepatnya sebelum pelaksanaan,” ungkapnya. Hal ini dilakukan mengingat berdasarkan pengalaman pelaksanaan UNBK di lingkungan Kemenag sudah pernah dilakukan beberapa kali, sehingga kendala yang ada harus bisa diselesaikan dengan cepat.

Saat dikonfirmasi tentang pelaksanaan UNBK secara keseluruhan, Kepala Kantor mengatakan bahwa seluruhnya termonitor dengan baik. “Secara keseluruhan pelaksanaan UNBK kali ini sudah berjalan dengan baik sesuai dengan rencana program dari panitia di masing-masing Madrasah,” tuturnya.

Menurut penjelasan pegawai Seksi Pendidikan Madrasah melalui akun medsos, sebanyak 27 Madrasah tingkat Aliyah mengikuti UNBK yang dilaksanakan mulai tanggal 1,2,4 dan 8 April 2019. Satu dari Madrasah tersebut ikut gabung ujian dengan MAN 4 Kebumen karena belum memperoleh status terakreditasi.(pt/Wul)