Sholat Dhuha, Kunci Kesuksesan Siswa MAN Lasem

Rembang – Guna meraih keberkahan dan keberhasilan, belajar di madrasah memerlukan dukungan spiritual. Bagi siswa MAN Lasem, dukungan spiritual tersebut dilakukan dengan ritual ibadah, salah satunya adalah dengan memprogramkan sholat dhuha berjamaah setiap pagi sebelum kegiatan belajar mengajar.

Kepala MAN Lasem, Shofi mengatakan, program sholat dhuha berjamaah ini sudah dilaksanakan sekitar tiga tahun silam. Menurutnya, sholat dhuha mempunyai keistimewaan yang luar biasa. “Mulailah mengawali pagi dengan sholat dhuha. Karena dengan bersholat dhuha, Insya Allah kita akan diberi kemudahan dalam melakukan pekerjaan setiap hari,” kata Shofi.

Dengan program ini, siswa pun merasakan hasilnya, terutama dalam berprestasi. “Alhamdulillah, tahun ini sebanyak 12 siswa diterima SNMPTN di perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia,” kata Shofi.

Shofi berharap, usai lulus dari MAN Lasem, siswa akan tetap melanjutkan kebiasaan sholat dhuha. “Sebagaimana tujuan kami yaitu membentuk generasi unggul yang berkarakter kuat dan mempunyai akhlakul karimah,” ujarnya lanjut.

Salah seorang alumnus MAN Lasem, Rifki, mengungkapkan kekuatan sholat dhuha untuk meraih cita-citanya. Pada tahun terakhir belajar di MAN Lasem, Rifki yang lulus tahun 2013 ini mengaku mulai melaksanakan sholat dhuha setiap sebelum belajar di kelas, sesuai yang diajurkan oleh Kepala Madrasah.

“Alhamdulillah, hingga kini kebiasaan sholat dhuha masih saya tunaikan hingga kuliah,” kata Rifki ketika memberikan testomoni alumni MAN Lasem yang berprestasi dalam Penglepasan Peserta Didik kelas XII, beberapa waktu lalu.

Berkat Sholat Dhuha, Rifki pun bisa meraih impiannya untuk bisa berkuliah di UGM Fakultas Filsafat. “Dan berbekal pengetahuan agama yang kuat yang saya peroleh di MAN Lasem, saya masih berpegang kepada Islam walaupun saya belajar Filsafat,” ujar Fikri lanjut.

Rifki lantas  memberikan semangat kepada adik-adik kelas untuk bersungguh-sungguh dalam belajar. “Diiringi dengan sholat dhuha secara rutin, saya yakin kalian semua bisa meraih cita-cita, menjadi orang-orang hebat,” seru Rifki. (ss/bd)