Siap Sukseskan Kebijakan Kemenag Provinsi Jateng

Kota Magelang – Dihari ke-6 Syawal 1442 H yang jatuh pada hari Selasa (18/05) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah menggelar halal bihalal secara daring bagi jajarannya. Acara yang di buka Kabag TU Kanwil Kemenag Provinsi Jateng Fajar Adi Nugroho.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jateng Musta’in Ahmad dalam sambutannya selain mengucapkan selamat Idul Fitri 1442 H dan menyampaikan permohonan maaf kepada jajarannya juga memberikan informasi dan arahan mengenai  berbagai hal mengenai perkembangan pelaksanaan fungsi di bidang keagamaan. Sebelum menyampaikan arahannya mengenai pelaksanaan tugas Kementerian Agama, beliau juga secara runtut menjelaskan nilai-nilai historis tentang eksistensi budaya halal bihalal di Indonesia. Implementasi silaturahmi yang dikemas dalam halal bi halal pada momen Idul fitri disetiap tahunnya merupakan kearifan lokal bangsa Indonesia yang telah menjadi ciri khas bangsa yang harus terus kita dilestarikan.

“Kita adalah orang yang beragama, tugas kita adalah menjaga kemuliaan agama dengan berperilaku yang sesui dengan nilai-nilai agama. Sebagai ASN di Kemeneterian Agama kita wajib mengedapankan perbuatan-perbuatan yang merupakan perwujudan dari ajaran-ajaran mulia agama. Baik dalam pergaulan sehari-hari dengan masyarakat sekitar maupun dalam kedinasan, kita harus menjadi suri tauladan kebajikan” ujar Musta’in Ahmad.

“Ikhlas beramal adalah landasan kita dalam melaksanakan tugas apapun yang menjadi tanggung jawab kita. Ikhlas adalah kata kunci menuju kesuksesan dalam mengemban amanah. Etos kerja pasti akan meningkat dengan sendirinya jika kita selalu ikhlas dalam menjalani berbagai penugasan. Hindari sejauh mungkin rasa sakit hati dan tidak nyaman baik dengan pimpinan maupun dengan rekan sekerja. Keharmonisan dalam lingkungan kerja harus kita utamakan agar kekompakan dan soliditas tetap terjaga dengan baik” tambahnya kemudian.

Dalam kesempatan itu juga Musta’in Ahmad juga berdialog dengan beberapa kepala kantor kementerian agama kabupetan/kota di jajarannya. Dialog interaktif tersebut merupakan implementasi pengawasan yang dilakukan oleh wujud dari  Kanwil Kemenag Provinsi Jateng atas penerapan protokol kesehatan bagi umat Islam saat melaksanakan ibadah ramadhan dan Idul Fitri 1442 H di wilayahnya. Pasca zoom meeting berakhir, Kepala Kankemenag Kota Magelang berpesan “Kita semua telah mendengarkan dan memperhatikan dengan seksama arahan dari bapak Kakanwil, saya berharap seluruh ASN Kementerian Agama Kota Magelang dapat menyukseskan program dan kebijakan yang telah digariskan oleh bapak Kakanwil” tutur Sofia Nur. (HS)