SIBARA SPINSA, SILATURAHMI BAKDA RAMADHAN SMP ISLAM NURUS SUNNAH

Semarang – Selasa (15/6) Di tengah pandemi, SMP Islam Nurus Sunnah mengadakan kegiatan SIBARA SPINSA 2021, Silaturahmi Bakda Ramadhan secara virtual dengan zoom meeting yang diikuti 108 peserta terdiri dari Pimpinan Yayasan Islam Nurus Sunnah, staf pengajar, peserta didik, orang tua, alumni, calon peserta didik beserta orangtuanya, dan Bapak H. Mohammad Faojin selaku Pengawas Mata Pelajaran PAI Kota Semarang. Adapun peserta lain mengikuti kegiatan melalui streaming youtube pada chanel Nurus Sunnah Islamic School of Semarang, Jumat (11/6) kemarin.

SIBARA SPINSA 2021, merupakan ajang rutin tahunan berupa Uji Publik Hafalan Al Quran Peserta Didik Juz 29 dan 30, dipadukan dengan Kajian Ilmiah serta  penganugerahkan Penghargaan Siswa Berprestasi dalam Kegiatan Pesantren Ramadhan Online dan Bidang Tahfizh Al Quran serta Duta Sekolah Terbaik. Lebih lanjut, Purwanto, S.Kel, Kepala SMP Islam Nurus Sunnah menjelaskan bahwa dari kegiatan ini, diharapkan, para peserta didik lebih bersemangat dalam memperbaiki interaksinya dengan Al Quran, baik membaca, merenungi, menghafalkan, menjaga hafalan, mengamalkan serta mengajarkannya kepada orang lain.”

Faqih Edy Susilo, selaku Ketua Yayasan Islam Nurus Sunnah dalam sambutannya menyatakan,” 3 poin penting yaitu pertama mengingatkan seluruh warga sekolah untuk mendukung program Pemerintah yakni mematuhi protokol kesehatan dalam pencegahan covid-19, kedua, menegaskan bahwa Nurus Sunnah adalah bagian dari Islam Wasithiyah, Islam yang pertengahan, bukan yang berlebih-lebihan juga bukan yang meremehkan. Nurus Sunnah mengutuk setiap perbuatan perusakan dan terorisme yang mengatasnamakan agama, ketiga, mengapresiasi kegiatan SIBARA dan menekankan bahwa pencapaian anak-anak dalam uji hafalan Al Quran hanyalah salah satu bagian dari karakter yang dibangun Nurus Sunnah yakni cinta Quran, selain 18 karakter yang telah ditetapkan oleh Pemerintah seperti jujur, demokratis, toleransi, kreatif, kerjasama dan lain sebagainya”, kata Faqih edy susilo..

Kegiatan SIBARA SPINSA 2021 dimulai dengan mengumandangkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan mendengarkan Surat Al Mulk yang dibawakan Rajwa Nailati Rosyadi siswa kelas 8B secara hafalan, kemudian peserta dipersilakan menguji hafalan peserta didik kelas 7 dan 8 meliputi juz 29 dan 30. Metode yang digunakan adalah sambung ayat, dimana penanya akan membacakan 2-3 ayat dilanjutkan oleh para peserta didik. Alhamdulillah pertanyaan-pertanyaan dari guru dan orangtua bisa dijawab oleh peserta didik dengan lancar. Kemudian diumumkan peserta – peserta terbaik Kegiatan Pesantren Ramadhan Online dalam berbagai kategori. Tercatat sebagai Santriwati Terbaik Faqihatunisa siswa kelas 8D, Literasi Ramadhan terbaik atas nama Ismi Fakhihatus Salma Khoirunisa kelas 8D dan Tilawah Quran terbanyak atas nama Abdullah Noor kelas 9A dan Laya siswa kelas 8B sebanyak 5 kali khatam selama bulan Ramadhan.

Pengawas PAI Kota Semarang, H. Mohammad Faojin dalam sambutan dan pengarahannya menyampaikan,” apresiasinya atas usaha anak-anak, segenap guru, dan Yayasan Islam Nurus Sunnah yang telah berkreasi dalam mengembangkan Islam Wasitiyah, Islam Pertengahan, yang mampu mengintegrasikan antara kehidupan beragama dan berbangsa”, ucap HM Faojin.

Pengawas memberikan pengarahan agar ke depan juga bisa dikembangkan kegiatan-kegiatan bukan hanya hafalan Al Quran namun juga hafalan Hadits. Terkait puasa, Beliau menasihatkan bahwa imbas puasa kita bisa dilihat dari apakah kita bisa menjadi seperti bayi yang baru lahir dimana semua orang senang menyambutnya, apakah peserta didik setelah puasa menjadi pribadi-pribadi yang menyenangkan para orangtua. Mutu ibadah kita harus terus dikawal seperti dengan melanjutkan puasa syawal, puasa Daud dan puasa Senin Kamis. Imbas Puasa juga bisa ditunjukkan dari kemampuan kita menahan diri dan saling memaafkan. Di akhir pengarahan, beliau menginformasikan beberapa lomba yang sebentar lagi akan diselenggarakan oleh Departemen Agama, diharapkan SMP Islam Nurus Sunnah mempersiapkan diri agar bisa berprestasi sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Setelah pengarahan dari Pengawas, acara dilanjutkan dengan Kajian Ilmiah dengan Tema “Bakda Ramadhan: Perbaiki Keshalihan dan Interaksi dengan Al Quran yang disampaikan oleh Pembina Yayasan Islam Nurus Sunnah, Ustadz Haris Budiatna. Dalam tausiyahnya beliau mengajak kepada anak-anak untuk memahami dan mengamalkan nasihat-nasihat yang disampaikan oleh Ketua Yayasan dan Pengawas. Beliau memberi dorongan anak-anak untuk selalu memperbaiki interaksinya dengan Al Quran. Barang siapa bersungguh-sungguh akan mendapatkan apa yang diinginkan. Terakhir, beliau menasihati anak-anak, untuk maksimal dalam mencapai keridhoan Allah melalui keridhaan orangtua. Jika keridhoan orang tua didapatkan dengan tambahnya hafalan maka menambah hafalan menjadi wajib, jika keridhoan orangtua didapatkan dengan baiknya nilai-nilai di sekolah, maka memperbaiki nilai hukumnya menjadi wajib.

Kegiatan SIBARA SPINSA 2021, diakhiri dengan penghargaan bagi duta sekolah terbaik dan pencapaian tahfizh terbanyak. Rajwa Nailati Rosadi dan Fatiha Amany Hasna El Ahmady tercatat sebagai Duta Sekolah Terbaik atas pretasinya sebagai Juara II dalam Lomba Tilawah dan Sari Tilawah SMA Hidayatullah Festival. Prestasi Tahfizh terbanyak kelas 8 selama tahun pelajaran 2020/2021 adalah Lulus Ujian Tahfizh sebanyak 9 Juz atas nama Faqihatunisa, Ismi Fatikhatus Salma Khoirunisa, Lluvia Ana Shofiya, dan Hani Amaria Sabrina sedangkan kelas 7 Lulus Ujian Tahfizh sebanyak 6 Juz atas nama Diva Najwah, Nasywa Khoirunnisa, Makayla Alia Kasta dan Yumna Rahma. Barakallahufiikum!.(Fojin/HumasDM/bd).