SIEKA, Ukur Kinerja ASN Kemenag

Klaten-Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten melalui Sub Bagian Tata Usaha melaksanakan Sosialisasi Sistem Informasi Elektronik Kinerja ASN Kementerian Agama (SIEKA).

Kegiatan yang digelar di Aula lantai 2 Koppenda Kemenag Klaten diikuti oleh Kasi, Penyelenggara, Kasubbag TU, Kepala KUA dan Kepala Madrasah di lingkungan Kemenag Klaten, dibuka Kasubbag TU Kemenag Klaten sekaligus mempraktekkan penggunaan Aplikasi SIEKA, (Senin (23/7).

Terkait dengan aplikasi ini, Sudarsana Kasubbag TU Kemenag Klaten menekankan agar seluruh ASN dapat segera menerapkan dan mengimplementasikan penggunaan Aplikasi SIEKA sesuai dengan kinerja harian, tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Karena apa yang dikerjakan oleh seluruh ASN setiap hari, nantinya akan diinput ke dalam aplikasi SIEKA dan dikontrol langsung oleh atasannya.

“Ada 3 Tujuan penerapan aplikasi SIEKA ini tujuannya adalah yaitu sebagai perangkat untuk mengukur kinerja pegawai, memonitoring pegawai, serta mengukur prestasi kerja pegawai Kemenag,” tandas Sudarsana.

Kasubbag TU menjelaskan bahwa untuk saat ini aplikasi SIEKA masih dalam tahapan sosialisasi atau pengenalan, kedepan kita akan mulai pelan-pelan menerapkannya. Aplikasi SIEKA sebenarnya diciptakan untuk mempermudah atasan melihat apa yang kita kerjakan selama seharian dikantor, melalui aplikasi ini dapat langsung dipantau.

“Untuk memulai aplikasi tersebut, terlebih dahulu masuk ke laman web dengan alamat sieka.kemenag.go.id/kinerja/ selanjutnya masukkan username dan mengisi password dengan Nomor Induk Pegawai (NIP). Setelah itu pertama kali ¬†harus melengkapi data profile ASN dan selanjutnya dapat memulai untuk mengisi data lainnya terutama kegiatan pekerjaan atau tupoksi masing-masing ASN,” jelas Sudarsana.

Lebih lanjut Sudarsana mengatakan, salah satu teknologi informasi yang dimaksud untuk memudahkan layanan dari berbagai macam aplikasi yang dilaunching dengan maksud untuk memperbaiki dan memudahkan layanan dan ada aspek transparansi sehingga bisa memonitor segala aktivitas pekerjaan ASN.

Sudarsana berharap dengan semakin terkontrolnya kinerja, maka diharapkan agar para ASN dapat meningkatkan kinerja sesuai tupokasi masing-masing dan mampu merealisasikan cita-cita kita bersama agar ke depan kinerja semakin meningkat kualitasnya dan bermanfaat.(aj/Wul)