Sikapi Kelulusan Ini Dengan Bersyukur Dan Tindakan Positif

Kudus – Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kudus menyelenggarakan pertemuan orang tua / wali peserta didik kelas IX tahun pelajaran 2016/2017  dalam rangka penyampaian hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan kelulusan, di halaman madrasah Jum’at (2/6).

Berdasarkan hasil rakor persiapan pengumuman kelulusan  yang  diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Kudus (1/6),  maka pada hari Jum’at (2/6 :15.30) serentak dilaksanakan pengumuman kelulusan oleh masing-masing satuan pendidikan.  Acara ini dihadiri oleh orang tua / wali peserta didik, komite madrasah, guru dan pegawai MTs Negeri 2 Kudus.Pada tahun pelajaran 2016/2017 tercatat sebanyak 238 (dua ratus tiga puluh delapan) peserta didik telah mengikuti UNBK.

Dalam sambutannya, Rodliyah Kepala MTs Negeri 2 Kudus menyampaikan bahwa dari 238 peserta UNBK, semuanya dinyatakan lulus. Kriteria kelulusan ini,  merujuk pada permendikbud nomor 3 tahun 2017  tentang penilaian hasil belajar oleh pemerintah dan penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan. Yaitu, telah mengikuti Ujian Madrasah, Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional, Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional dan Ujian Nasional.Disamping itu, telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik, dan lulus ujian satuan pendidikan (Ps. 5 dan 18).

Rodliyah berpesan, “sikapi kelulusan ini dengan bersyukur dan tindakan positif”, membagi kebahagiaan dengan orang lain seperti menyumbangkan seragam yang masih layak atau baru bagi yang membutuhkan. Jangan sampai anak-anak mencoret-coret seragam, konvoi dan berfoya-foya dalam menyikapi kelulusannya. Oleh karenanya, orang tua agar bersama-sama dengan madrasah mengawasi dan memberikan bimbingan, bila perlu memberikan teladan bagaimana menyikapi kelulusan. Tidak kalah penting untuk dilanjutkan kejenjang yang lebih tinggi khususnya MA, jangan sampai ada yang tidak melanjutkan, harapnya.

Dalam kesempatan ini, disampaikan penghargaan bagi peserta didik berprestasi, peringkat  3 besar UN pada MTsN 2 Kudus atas nama Firdian Muhtar Yusuf,  Hammam Abdirrazaq AtsTsaqif, dan Siti Maisyaroh. Penghargaan lainnya juga di dapat oleh Firdi dan Hammam dengan meraih nilai sempurna (100) pada mata pelajaran Matematika. Sebelum acara  ditutup dengan doa, dilakukan penyerahan pengumuman kepada orang tua/  wali masing-masing peserta didik.(Agus/3m/bd)