Simpenais, Program Peningkatan Kinerja Penyuluh

Kota Magelang – Kementerian Agama Kota Magelang dalam hal ini  Seksi Bimas Islam Menyelenggarakan Sosialisasi dan Bimtek Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Penerangan Agama Islam (SIMPENAIS) Selasa (21/3) bertempat di RM Keboon Semilir Magelang. Sosialisasi ini di hadiri 30 Peserta  terdiri dari Penyuluh Agama Islam (PAIF) dan Penyuluh Agama Honorer (PAH)   lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Magelang.

Kasi Bimas Islam Septo Atmojo dalam sambutannya menyampaikan Bahwa SIMPENAIS ini Merupakan Inovasi yg dilakukan oleh Ditjen Bimas Islam dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja lembaga layanan publik. “Selain SIMPENAIS juga ada E-Kinerja Penyuluh, dua Aplikasi ini bertujuan mempermudah akses data keagamaan dan wadah komunikasi antar Penyuluh Agama,” kata Septo.

Kegiatan ini di bagi dua sesi, secara teori dan praktek yang mengundang Narasumber dari Kantor Wilayah Kemenag Prov. Jateng ,  Kasi Penyuluhan dan Penerangan Agama Islam, Khotibul umam dibantu Salim.

Khotibul umam Menyampaikan “Simpenais berisi 17 data-data keagamaan, diantaranya Penyuluh Agama PNS, dan Non PNS, Majlis Taklim, Ormas Islam, Qori dan Qoriah, Mufassir mufassiroh, Dewan Hakim, dan lain lain. Simpenais juga menyimpan data data penyuluh by name by address yang dapat di lacak keberadaanya dan bisa terkoneksi langsung dengan para pengambil kebijakan,”  demikian di jelaskan masing  masing item secara mendetail, sehingga bisa mencerahkan dalam pendataan selanjutnya.

“Di harapkan dengan Bimtek ini peserta bisa memahami apa yg di sampaikan  dan bisa mewujudkan data yang siap di sajikan kepada publik, jika belum memahami bisa  menanyakan kepada nara sumber,” salim Menambahkan. Kedepan menuju data yang jelas dan valid merupakan harapan kita bersama. (Afi/Af)